Selasa 07 Dec 2021 23:05 WIB

Israel Bekukan Pembangunan Rumah di Lahan Bekas Bandara

Amerika Serikat (AS) menolak keras rencana permukiman di Yerusalem Timur.

Rep: Santi Sopia/Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Israel Bekukan Pembangunan Rumah di Lahan Bekas Bandara. Pembangunan permukiman ilegal Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur.
Foto:

Lebih dari 200 ribu pemukim Israel tinggal di Yerusalem timur dan hampir 500 ribu tinggal di permukiman yang tersebar di Tepi Barat. Perdana Menteri Israel Naftali Bennett saat ini adalah pendukung kuat pemukiman dan menentang kenegaraan Palestina. Tidak ada pembicaraan damai yang substantif selama lebih dari satu dekade.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyoroti berlanjutnya pelanggaran-pelanggaran Israel terhadap rakyat Palestina. Menurutnya, hal itu ditambah perluasan permukiman ilegal di wilayah Palestina yang diduduki, dapat mengikis prospek solusi dua negara.

“Pelanggaran terus menerus terhadap hak-hak warga Palestina bersama dengan perluasan permukiman berisiko mengikis prospek solusi dua negara,” kata Guterres, Senin (30/11), dikutip laman Middle East Monitor.

Dia meminta kedua belah pihak tak mengambil langkah sepihak yang dapat merusak peluang penyelesaian konflik secara damai berdasarkan hukum internasional dan resolusi PBB. “Tujuan keseluruhan tetap dua negara yang hidup berdampingan dalam perdamaian serta keamanan, memenuhi aspirasi nasional yang sah dari kedua bangsa, dengan perbatasan berdasarkan garis 1967 dan Yerusalem sebagai ibu kota kedua negara,” ujarnya.

"Saya lebih lanjut menyerukan kepada para pihak untuk terlibat secara konstruktif untuk mengakhiri penutupan Gaza dan meningkatkan kondisi kehidupan semua warga Palestina di bawah pendudukan," kata Guterres.

Pada Senin, Presiden Palestina Mahmoud Abbas melakukan pertemuan dengan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani di Doha. Abbas memenuhi undangan Sheikh Tamim untuk menghadiri pembukaan FIFA Arab Cup 2021. Namun pada kesempatan itu, mereka turut membahas hubungan bilateral, termasuk isu Palestina.

 

https://english.alaraby.co.uk/news/israel-freezes-plan-east-jerusalem-airport-settlement

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement