Rabu 24 Nov 2021 05:45 WIB

Perempuan dalam Pasukan Militer di Dunia Arab

Tentara wanita telah menjadi simbol perang melawan terorisme.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Perempuan dalam Pasukan Militer di Dunia Arab. Foto tentara wanita anggota Garda Kerajaan Arab Saudi.
Foto:

Citra mereka kontras dengan salah satu wanita yang diperbudak di wilayah yang dikuasai ISIS, sebagai bagian dari perang psikologis nyata yang dilakukan terhadap organisasi tersebut. Dengan demikian, integrasi perempuan ke dalam angkatan bersenjata membawa taruhan besar dalam hal komunikasi publik untuk negara-negara ini. 

 

Perkembangan ini disertai dengan kampanye komunikasi yang nyata, menyoroti tokoh-tokoh perempuan tertentu atau simbolis batalyon untuk menyamarkan kegigihan institusi militer yang didominasi oleh laki-laki. Strategi-strategi ini sangat berguna bagi negara dengan catatan gender yang buruk dalam menarik simpati masyarakat internasional. 

Terlepas dari keterbelakangan yang tampak dalam masalah ini, situasi dan mentalitas keseluruhan berkembang ke arah yang lebih terbuka. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh Aswat Nisaa pada 2018, 56 persen warga Tunisia yang disurvei memiliki pandangan positif tentang partisipasi perempuan di sektor pertahanan. Sebanyak 60,6 persen dari mereka percaya perempuan memiliki keterampilan teknis yang sama dengan laki-laki.

Dalam dua dekade terakhir, banyak inisiatif telah dilaksanakan di negara-negara Arab untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam angkatan bersenjata. Aljazair adalah contoh negara dalam hal ini, di mana status tentara wanita setara dengan pria sejak 2006. Selain itu, strategi nasional telah dirancang untuk menghapus diskriminasi gender di bidang militer.

Petugas wanita berhak atas tiga tahun pensiun dini, cuti hamil, dan hari libur untuk merawat keluarga mereka jika sakit atau kecelakaan. Mereka juga dibebaskan dari tugas malam.

 

 

photo
Tentara perempuan Suriah - (huffingtonpost)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement