Jumat 19 Nov 2021 06:19 WIB

UEA Jadi Tempat Paling Aman untuk Keluar di Malam Hari

UEA juga berada di urutan kedua dalam indeks hukum dan ketertiban tertinggi.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Dwi Murdaningsih
Pertunjukan air mancur di depan gedung Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (2/11/2021). Burj Khalifa merupakan gedung pencakar langit tertinggi di dunia dengan 160 lantai dan tinggi 828 meter.
Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto/wsj.
Pertunjukan air mancur di depan gedung Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab, Selasa (2/11/2021). Burj Khalifa merupakan gedung pencakar langit tertinggi di dunia dengan 160 lantai dan tinggi 828 meter.

REPUBLIKA.CO.ID, ABUDHABI -- Sebuah survei internasional terbaru menyebut Uni Emirat Arab (UEA) sebagai negara teraman bagi orang untuk berjalan di malam hari. Laporan dari Gallup Global Law and Order 2021 menempatkan UEA sebagai negara nomor satu untuk berjalan di malam hari dengan aman setelah mencetak indeks 95 persen.

Norwegia berada di urutan kedua dalam indeks, mencetak 93 persen. “Jika seorang wanita berkeliaran sendirian di siang atau malam hari tanpa rasa takut, ketahuilah bahwa dia ada di Emirates,” Wakil Presiden dan Penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid, dilansir dari Alarabiya, Kamis (18/11).

Baca Juga

UEA juga berada di urutan kedua dalam indeks hukum dan ketertiban tertinggi, menganggapnya sebagai negara teraman kedua di dunia setelah Norwegia, masing-masing mencetak 93 dan 94 poin.

“Dengan kebijaksanaan Komandan Khalifa bin Zayed, visi Mohammed bin Rashid dan dukungan dari Mohammed bin Zayed, UEA mencapai tempat pertama dalam penjelajahan penduduk di malam hari saja, dan kedua di dunia untuk negara-negara teraman menurut untuk hasil Gallup Report for Security and Order 2021, semoga Tuhan melindungi UEA dan melanggengkan keamanannya,” kata Sheikh Mohammed di Twitter.

Lima negara teratas dengan skor indeks hukum dan ketertiban tertinggi adalah: Norwegia (94), UEA (93), Cina (93), Swiss (93), dan Finlandia (92). Adapun lima negara teraman untuk berjalan sendirian, menurut laporan itu, termasuk: UEA (95 persen), Norwegia (93 persen), China (91 persen), Slovenia (91 persen), dan Taiwan (89 persen) .

Temuan laporan tersebut didasarkan pada persepsi masyarakat tentang keselamatan dan keamanan mereka sendiri dalam aturan hukum.  Survei dilakukan selama masa pandemi, selama tahun 2020 dan paruh pertama tahun 2021.

UEA juga menduduki puncak Indeks Wanita, Perdamaian dan Keamanan (WPS) 2021, sebuah laporan Universitas Georgetown, yang dirilis pada bulan Oktober. Negara ini menempati peringkat tertinggi dalam kategori 'Persepsi Keamanan Masyarakat', dengan skor 98,5 persen.

Advertisement
Berita Lainnya