Selasa 16 Nov 2021 19:10 WIB

Milad Ke-91, Muslimat Al Washliyah London Doa Bersama 

Al-Washliyah didirikan pada 30 November pada 1930 di Medan

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah
milad Al Washliyah akan dilaksanakan di KBRI London pada Ahad (28/11) mendatang. Foto Muslimat Al Washliyah London.
Foto: Dok Republika
milad Al Washliyah akan dilaksanakan di KBRI London pada Ahad (28/11) mendatang. Foto Muslimat Al Washliyah London.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON –  Muslimat Al Washliyah London, Inggris, menggelar doa bersama dan syukuran dalam rangka menyambut milad ke-91 Al Washliyah dan milad ke-86 Muslimat Al Washliyah pada Ahad (14/11). 

Kegiatan doa bersama itu dipimpin Ustadzah Hj Afrahul Fadhilah. Ketua Muslimat Al Washliyah, Hj Maryati, mengatakan milad Al Washliyah akan dilaksanakan di KBRI London pada Ahad (28/11) mendatang. November ini Maryati akan mengakhiri masa tugasnya sebagai ketua periode 2019-2021.   

Baca Juga

"Semoga acara ini berlangsung lancar," kata Maryati, dalam keterangan yang diterima Republika.co.id, Selasa (16/11). 

Dalam rangka menyambut milad ini, Muslimat Al Washliyah London juga menggalang dana untuk pembangunan Masjid Indonesia di London. 

 

Masjid Indonesia (Indonesian Islamic Centre/IIC) yang direncanakan berlokasi di London Utara, akan menjadi masjid pertama Indonesia di Inggris. 

Pembangunan masjid ini dikelola Indonesian Islamic Centre/IIC, yayasan yang terdaftar resmi di British Charity Comission No. 1105685. Di masjid ini nantinya akan ada ruang kelas, perpustakaan, dan unit usaha.

Rencana pendirian masjid ini bermula dari kegiatan kelompok kecil pengajian rutin dari rumah ke rumah warga Indonesia yang berada di London. Ibu-ibu Indonesia di London, termasuk Muslimat Al Washliyah, aktif dalam berbagai pengajian dan dakwah.

Mereka di antaranya mendirikan perkumpulan Rebana, yang bernama Annisaa Rebana London. Perkumpulan ini dibina Ustadzah asal Medan, Sumatra Utara, Afrahul Fadhilah yang telah lebih dari 15 tahun tinggal di London.

Perkumpulan Annisaa Rebana ini telah beberapa kali tampil unjuk kemampuan di sejumlah kota Inggris, di antaranya di Birmingham dan Cambridge. 

Mereka juga sukses tampil di London Halal Food Festival (LHFF) di London Stadium di Stratford, pada 25-26 September 2021 lalu.

Al Jami’atul Washliyah berdiri pada 30 November 1930 di Medan. Organisasi keagamaan yang berkembang luas di seluruh Indonesia ini didirikan ulama-ulama terkemuka di Sumatra Utara, di antaranya H Muhammad Arsyad Thalib Lubis, H Abdurrahman Syihab, H Ismail Banda, dan H Yusuf Ahmad Lubis. Saat ini Al Washliyah dipimpin H Masyhuril Khamis, yang menggantikan Yusnar Yusuf Rangkuti yang memimpin periode sebelumnya.        

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement