Sabtu 13 Nov 2021 05:45 WIB

Pemukim Israel Hancurkan Panen Zaitun Petani Palestina

Pemukim kerap memukuli petani Palestina, mencabut pohon, dan mencuri panen zaitun.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Ani Nursalikah
Pemukim Israel Hancurkan Panen Zaitun Petani Palestina. Ladang Zaitun milik warga Palestina yang dibakar pemukim Yahudi
Foto:

Badawi adalah ayah dari delapan anak dan kakek dari 18 cucu. Keluarganya bergantung pada pohon zaitun sebagai sumber pendapatan utama.

Meskipun mendapatkan serangan berulang, mereka bertekad tidak meninggalkan tanah mereka. Mereka akan tetap berada di sana.

"Pada 5 November, kami pergi ke sebidang tanah kami yang lain di dekat permukiman Elieh yang memiliki 50 pohon zaitun. Kami terkejut melihat para pemukim telah memukuli kami ke tanah dan sudah mengambil pohon. Tentara Israel kemudian tiba dan mengusir kami," ucap Badawi.

Dua hari kemudian, keluarga Badawi menerima serangan ketiga saat berada di tanah mereka seluas 10 dunam (satu hektare) di dekat pos terdepan Hayovel. Padahal, daerah tersebut dianggap Area B, yang berdasarkan Kesepakatan Oslo dikelola oleh Israel dan Otoritas Palestina, serta tidak memiliki permukiman Israel.

"Meskipun daerah itu dianggap Area B, tentara Israel masih datang dan mengusir kami, tetapi hanya setelah kami melakukan perlawanan – sampai mereka mampu membuat kami pergi dengan paksa," tutur Badawi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement