Sabtu 06 Nov 2021 11:24 WIB

Menag: Kolaborasi Kunci Bangkit saat Pandemi

Pandemi Covid-19 momentum konsolidasi kepala daerah

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nashih Nashrullah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, mengapresiasi kerja keras para kepala daerah hadapi Covid-19
Foto: Kemenag
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, mengapresiasi kerja keras para kepala daerah hadapi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan untuk bangkit di tengah Pandemi Covid-19, bangsa tak mungkin berdiri sendiri. Dibutuhkan kolaborasi, bergandengan tangan untuk saling menguatkan. 

"Kolaborasi adalah kunci bangkit saat pandemi," kata Menag saat menghadiri malam penganugerahan Kepala Daerah Inovatif (KDI) di Jakarta, dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Sabtu (6/11). 

Baca Juga

Menurutnya, prinsip dan spirit baru pembangunan di tengah pandemi harus terus diperkokoh, dalam kerangka membentuk peradaban bangsa yang lebih baik.

Dia lantas menyebut terpilihnya para kepala daerah inovatif ini bukanlah sebuah kebetulan. Penghargaan tersebut sejatinya bagian dari proses panjang dan pasti perjalanannya sangat melelahkan. 

Menag Yaqut menilai, situasi yang semakin pelik manakala bangsa Indonesia dilanda wabah Covid-19, tidak lantas membuat para kepala daerah menyerah dan pasrah. Justru, kondisi yang ada dapat memantik dan memacu spirit kepala daerah untuk berbuat yang terbaik. 

“Inovasi dan terobosan yang dilakukan baik dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19, dan membangkitkan kembali perekonomian, meningkatkan mutu pendidikan serta layanan publik lainnya terbukti menuai hasil yang patut dibanggakan,” ucapnya. 

Dia lantas mengapresiasi kecermatan tim dari MNC Portal Indonesia yang mampu menangkap dan memotret prestasi para kepala daerah. Penghargaan KDI 2021 adalah ukiran indah yang terpahat dengan penuh kesabaran dan peluh. 

Untuk itu, Menag Yaqut berharap ukiran ini terus diperindah dan dipoles demi mewujudkan daerah yang makin maju serta masyarakat yang sejahtera.

"Saya juga berharap, penghargaan ini menjadi pemacu dan inspirasi kepada kepala daerah lain untuk terus meningkatkan dedikasi serta kinerjanya dalam rangka membangun bangsa lebih baik,” ujar dia.

Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki, mengucapkan selamat kepada para kepala daerah inovatif 2021, yang telah membuat terobosan, dan menciptakan inovasi untuk memajukan daerahnya ditengah Pandemi. "Selamat dan sukses kepada kepala daerah. Kiranya ini menjadi penyemangat bagi kepala daerah lainnya," ujarnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement