Jumat 08 Oct 2021 05:35 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Kekuasaan dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Umat Islam adalah umat terbaik jika menjalankan amar ma’ruf nahi munkar.

Naskah Khutbah Jumat: Kekuasaan dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar
Foto:

Jamaah sholat Jumat yang dirahmati Allah,

Dalam Alquran diinformasikan bahwa Allah swt menyukai orang mukmin agar mempersiapkan barisan yang kokoh. Hal ini agar umat Islam secara jamaah mempersiapakan diri secara matang, agar tidak lengah, ketika sewaktu-waktu ada kelompok atau apapun namanya yang ingin menyerang dan menghancurkan umat Islam. Maka umat Islam sudah siap tempur, kapan dan di mana saja berada. Perhatikan Q.S.as-Saf/61:4:

إنَّ اللهَ يُحِبُّ الَّذِينَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِهِ صَفًّا كَأَنَّهُمْ بُنْيَانٌ مَرْصُوصٌ (4)

Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.

Selanjutnya, Alquran memberikan penegasan, betapa pentingnya kekuasaan politik dimiliki umat Islam untuk menegakkan Amar ma’ruf Nahi munkar, perhatikan Q.S.Ali Imran/3:110.

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللهِ.. (110)

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah…

Ayat di atas (Q.S.Ali Imran/3:110), memberikan pelajaran bahwa Umat Islam adalah umat yang terbaik di dunia, jika menjalankan amar ma’ruf, nahi munkar. Dengan dasar iman kepada Allah swt. Perlu diperhatikan bahwa untuk menjalankan amar ma’ruf atau menyuruh umat untuk melakukan kebaikan adalah hal yang mudah, namun jika ingin menegakkan nahi munkar, atau mencegah kemungkaran adalah hal yang sangat sulit sebab harus didukung dengan kekuasaan politik.

Dengan kekuasaan politik menegakkan nahi munkar atau mencegah kemungkaran lebih mudah, misalnya, bila salah seorang umat Islam yang bertaqwa menjadi Presiden. Maka, untuk mencegah kemungkaran sangat mudah, sebagai contoh, melalui kewenangan Presiden, maka Presiden membuat surat keputusan, misalnya, dalam satu bulan, tidak boleh ada pabrik minuman keras di wilayah Republik Indonesia.

Nah, dengan keputusan ini, tidak akan ada yang berani menghalanginya. Demikian pula semua jenis kemungkaran yang meresahkan masyarakat. Dengan kekuasaan politik semuanya menjadi mudah.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement