Kamis 30 Sep 2021 09:10 WIB

Profil Sadiq Khan, Wali Kota Muslim Pertama London

Pada 8 Mei 2021, ia kembali memegang jabatan yang sama untuk kedua kali.

Profil Sadiq Khan, Wali Kota Muslim Pertama London.
Foto:

Kampanye hitam

Lawan politik Khan dalam pemilihan wali kota London, Zac Goldsmith dituduh menjalankan kampanye hitam karena menghubungkan Khan dengan ekstremis. Goldsmith dan PM David Cameron mengatakan Khan berbagi kerangka yang sama dengan orang-orang yang berpandangan ekstrem.

Khan mengatakan tidak pernah menyembunyikan kenyataan dia pernah berurusan dengan orang-orang yang memiliki karakter tidak menyenangkan selama bekerja sebagai pengacara dan ketua Liberty. Anggota Partai Konservatif senior di London, Andrew Boff mengkritik taktik Goldsmith. Dia mengatakan tindakan Goldsmith bisa merusak hubungan partai dengan komunitas Muslim.

"Sebagai wali kota saya akan menjadi Muslim Inggris yang memerangi ekstremisme," ujar Khan.

Kontroversi 'Uncle Tom'

Sebuah rekaman tayangan saat itu mengemuka dengan Khan menyebut Muslim moderat sebagai 'Uncle Tom' dalam wawancara dengan televisi pemerintah Iran Press TV pada 2009. Saat itu dia ditanya bagaimana merangkul Muslim untuk memerangi ekstremisme.

"Kita tidak bisa memilih berbicara pada siapa, kita tidak bisa hanya berbicara pada Uncle Tom," kata Khan saat itu.

Dia kemudian mengakui dia salah menggunakan frasa itu dan menyesalinya.

Baca juga : Muslim India Hadapi Ujian Berat

Tulisan ini merupakan tayang ulang dengan modifikasi dari artikel berjudul Lima Fakta Sadiq Khan, Wali Kota Muslim Pertama London pada Sabtu, 7 May 2016 di Republika.co.id.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement