Kamis 30 Sep 2021 09:10 WIB

Profil Sadiq Khan, Wali Kota Muslim Pertama London

Pada 8 Mei 2021, ia kembali memegang jabatan yang sama untuk kedua kali.

Profil Sadiq Khan, Wali Kota Muslim Pertama London.
Foto: AP/Kirsty O'Connor/PA
Profil Sadiq Khan, Wali Kota Muslim Pertama London.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sadiq Khan terpilih menjadi Wali Kota London, Inggris menggantikan Boris Johnson pada 6 Mei 2016. Pemilihan tersebut menjadi pemilihan bersejarah karena Khan menjadi Muslim pertama yang memimpin Kota London.

Pada 8 Mei 2021, ia kembali memegang jabatan yang sama untuk kedua kali. Khan memenangkan 1.206.034 suara atau 55,2 persen. Kandidat konservatif Shaun Bailey memenangkan 977.601 suara, atau 44,8 persen. Jumlah pemilih yang memberikan suara 42,2 persen.

Baca Juga

Berikut ini lima hal yang perlu Anda tahu tentang Sadiq Khan, dilansir dari USA Today.

Dimulai dari lingkungan miskin

 

Khan (50 tahun) lahir di Tooting, selatan London yang kini sudah dimodernisasi. Ayahnya seorang sopir bus dari Pakistan dan ibu seorang penjahit.

Dia dibesarkan di rumah subsidi pemerintah bersama tujuh saudaranya. Dia mengatakan tinggal di rumah subsidi membuat orang tuanya mampu membeli rumah sendiri.

London menghadapi krisis perumahan besar karena biaya sewa dan hipotik yang tinggi. Dia berjanji akan mengatasi hal ini. " Saya ingin semua warga London memiliki kesempatan seperti yang diberikan kota ini pada saya," kata anggota parlemen Tooting ini.

Baca juga : Lelaki di Surga Dapat Bidadari, Wanita Dapat Apa?

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement