Senin 06 Sep 2021 05:45 WIB

5 Situs Warisan Timur Tengah yang Jarang Diketahui

Situs-situs ini memiliki bukti kehidupan manusia kuno.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
5 Situs Warisan Timur Tengah yang Jarang Diketahui. Madain Saleh di Arab Saudi.
Foto:

Quseir Amra, Yordania

Situs Quseir Amra di Yordania adalah salah satu istana gurun pasir yang terpelihara dengan baik dari Dinasti Umayyah, kerajaan Islam awal antara tahun 661 dan 750. Kemungkinan besar dibangun oleh Khalifah Walid II, kastil ini merupakan tempat peristirahatan bagi para penguasa kekaisaran, jauh dari ibu kota Damaskus yang ramai. Bangunan ini terdiri dari aula resepsi dan hammam (kompleks pemandian dengan kamar hangat dan panas).

Aspek situs yang paling menarik bagi UNESCO adalah lukisan muralnya yang spektakuler. Lukisan dinding menggambarkan penguasa kuno, adegan berburu, dan penari wanita telanjang. Lukisan-lukisan itu mengambil pengaruh pagan dan Bizantium.

Ini menunjukkan perhatian terhadap larangan Islam pada penggambaran hewan dan manusia. UNESCO menyoroti keunikan lukisan sekuler ini sejak tahap awal seni rupa Islam yang kemudian dicirikan oleh citra geometris.

Salah satu mural paling terkenal, yaitu penggambaran enam raja yang telah dikalahkan oleh Bani Umayyah dari Persia, Bizantium, Spanyol, Ethiopia, Cina, dan Asia Tengah. Saat ini, mural Quseir Amra tengah menjalani restorasi oleh divisi dari kementerian warisan budaya Italia.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement