Sabtu 28 Aug 2021 21:30 WIB

KB-TK Islam Al-Azhar 1 Jakarta Gelar Gebyar Muharram

Gebyar Muharram 1443 H dilaksanakan melalui enam kegiatan.

KB-TK Islam Al-Azhar 1 Jakarta menggelar Gebyar Muharram 1443 H dalam rangka menyambut tahun baru Islam.
Foto: Dok KB-TK Islam Al-Azhar 1
KB-TK Islam Al-Azhar 1 Jakarta menggelar Gebyar Muharram 1443 H dalam rangka menyambut tahun baru Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KB–TK Islam Al-Azhar 1 Jakarta menggelar Gebyar Muharram 1443 H untuk meningkatkan rasa keberanian, rasa percaya diri serta mengenalkan hari-hari besar Islam dan kepedulian bagi sesama. Acara gebyar  Muharram ini dilaksanakan secara  bersama baik oleh guru, para siswa dan dukungan para orang murid.

“Tujuan diselenggarakannya Gebyar Muharram  untuk menyosialisasikan bulan Muharram sebagai tahun baru umat Islam; membantu meningkatkan dan mengembangkan kreativitas anak dan guru; menumbuhkan jiwa sosial anak terhadap saudara-saudaranya yang kurang mampu; serta menjalin silaturahim antaranak, orang tua murid dan saudara seiman,” kata Kepala Sekolah KB–TK Islam Al-Azhar 1 Jakarta, Hj Ulfa Chairat MPd dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (27/8).

Koordinator kegiatan, Tuti Alawiyah menjelaskan, Gebyar Muharram dilakukan melalui enam  kegiatan. Pertama, tanggal 31 Juli 2021, pemberian alat untuk pembuatan kartu Muharram. Kedua, 2-5 Agustus 2021,  pembuatan kartu Muharram.

Ketiga,  6-9 Agustus 2021, pembuatan video Muharram. “Keempat, tanggal 10 Agustus 2021, share video Muharram di media sosial,” ujarnya.

Kelima,  13 Agustus 2021 pemberian santunan untuk anak asuh. “Keenam, 19 Agustus 2021, kegiatan  Zoom meeting dalam rangka 10 Muharram,” papar Nurdjannah Basyar yang juga menjabat sebagai  koordinator kegiatan.

photo
Gebyar Muharram 1443 H KB-TK Islam Al-Azhar 1 Jakarta dilaksanakan melalui enam kegiatan, salah satunya santunan anak asuh.  (Foto: Dok KB-TK Islam Al-Azhar 1)

Ulfa Chairat mengemukakan,  tahun baru Islam atau Hijriah memiliki makna tersendiri bagi umat Muslim. Terdapat  peristiwa penting yakni Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah pada 622 Masehi untuk menegakkan Agama Islam. Bergantinya tahun baru Islam diperingati pada 1 Muharram.

“Islam mengajarkan kepada kita bahwa sebagai umat Muslim, dalam menyambut dan memperingati tahun baru Islam, umat Muslim diharapkan memaknainya dengan membuka lembaran baru serta mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan,” ujarnya.

Selanjutnya Ulfa Chairat menyatakan bahwa program KB-TK Islam Al Azhar 1 Jakarta dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1443 H, para siswa membuat kartu  Muharram di rumah dan divideokan sambil mensyiarkan tahun baru Islam. Kemudian, pada tanggal 10 Muharram  1433 H KB-TK Islam Al Azhar 1 Jakarta  mengadakan acara Zoom bersama dan memberikan santunan kepada anak asuh sebanyak 46 orang. 

Caranya, kata dia,  dengan memberikan bantuan berupa uang untuk pendidikan  yang dikumpulkan  oleh para siswa. Hal ini dilakukan untuk pembiasaan beramal setiap hari.

“Semoga dengan pembelajaran yang diberikan sejak usia dini, anak  akan terbiasa berbagi sampai mereka dewasa nanti. Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh orang tua murid yang sudah mendukung kegiatan Muharram ini , semoga menjadi ladang amal dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT,”  ujar Ulfa Chairat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement