Sabtu 28 Aug 2021 02:44 WIB

Sejarah Panjang Khasmir dan Datangnya Islam

Islam telah datang ke Kashmir jauh sebelum tahun 1320.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Muslim Khasmir
Foto:

Kashmir digambarkan sebagai negara yang diselubungi di semua sisi seperti permata berharga pegunungan bersalju, dengan lembah di selatan yang mengarah ke pegunungan dan berfungsi sebagai gerbang Kerajaan. Kashmir kuno dan bersejarah sebagai negara yang dihuni oleh warga Kashmir sudah ada selama lebih dari 5.000 tahun. Ini adalah wilayah yang saat ini disebut sebagai Kashmir Raya.

Orang Suriah bernama Hameem disebut sebagai yang pertama memasuki Kashmir. Dia bermigrasi ke Kashmir sekitar tahun 712 M, bersama rombongan Jaisiya, pangeran (Hindu) yang kalah dari Sindh yang bertetangga. Setelah hampir enam abad antara Hameem dan Bulbul Shah, tidak banyak disebutkan tentang kalangan Muslim lain yang memasuki Kashmir.

Dengan demikian, Islam telah datang ke Kashmir jauh sebelum tahun 1320, sekitar tahun di mana Rinchen dan sepuluh ribu orang lainnya masuk Islam, dan Islam diadopsi sebagai agama negara

Mir Syed Ali Hamadani, atau yang lebih dikenal sebagai 'Syah Hamadan' dan 'Ameer e Kabeer' (1314-1384), bisa dibilang adalah Syed yang paling terkenal, yang telah memberkati Kashmir dan mempercepat proses Islamisasi. Shah lahir di Hamadan, Iran. Dia melakukan perjalanan melintasi benua selama dua puluh satu tahun, dalam mengejar pengetahuan.

Shah Hamadan, mencapai Kashmir pada tahun 1372. Dia pergi ke Ladakh sekitar tahun 1381 dan merupakan orang pertama yang mendirikan masjid di sana. Dia termasuk dalam cabang sufi Suhrawardi, yang dikenal sebagai Kubrawis. Shah membawa sekte ini ke Kashmir. Kubrawi mendominasi pendirian keagamaan Srinagar, bahkan Kashmir, hingga hari ini. Shah dikatakan telah membujuk tiga puluh tujuh ribu orang Kashmir untuk masuk Islam. 

Di negara bagian ada empat kuil utama yang didedikasikan untuk Shah, Khanqah-e-Mualla (Srinagar), Tral, Doru dan Shey (Ladakh). Ada juga beberapa kuil Syah yang kurang dikenal, yang terletak di Sopore dan Paampore.dll. Syah meninggal baik di Hazara (Pakistan) atau di Kafiristan. Namun, ia dimakamkan di Khatlan (Turkestan).

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement