Selasa 24 Aug 2021 18:36 WIB

Sekolah Cendekia BAZNAS Resmikan Smart Card

Kartu pelajar ini berfungsi sebagai tabungan siswa dan berbagai fitur lainnya

Peresmian Smart Card Sekolah Cendikia BAZNAS
Foto: Dok Sekolah Cendikia Baznas
Peresmian Smart Card Sekolah Cendikia BAZNAS

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Sekolah Cendekia BAZNAS meresmikan Smart Card untuk siswa pada Selasa (24/8). Smart Card adalah kartu pelajar multifungsi sebagai bentuk layanan digital di Sekolah Cendekia BAZNAS.

Smart Card ini dikembangkan oleh Sekolah Cendekia BAZNAS bekerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI).  Dengan adanya koneksi secara real time melalui fasilitas perbankan, siswa jadi lebih mudah mendapatkan layanan pendidikan terbaik.

Seperti disampaikan dalam keterangan tertulis kepada Republika.co.id, Sekolah Cendekia BAZNAS menjadi sekolah boarding pertama di Jawa Barat yang mengembangkan layanan sekolah berbasis digital melalui Smart Card.  Kartu pelajar ini berfungsi sebagai tabungan siswa, transaksi pembayaran siswa di koperasi, kartu perpustakaan serta berbagai fitur lainnya. Ditargetkan seluruh siswa dapat memiliki Smart Card. 

Pimpinan BAZNAS RI yang membidangi Direktorat Pendistribusian dan Pendayagunaan (DPP) Saidah Sakwan  mengatakan, Sekolah Cendekia BAZNAS terus melakukan inovasi dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dilakukan demi menghadapi tantangan zaman. Kini siswa sudah memasuki era industri 4.0 dimana kini dunia sudah berbasis internet.

“Kerjasama SMART CARD ini bagian dari realisasi MOU BAZNAS dan BSI. Kita punya MOU dengan Bank Syariah Indonesia, ini bentuk komitmen kita untuk membangun ekosistem ekonomi Islam perbankan syariah melalui Zakat Infaq dan Sodaqoh. Seluruh program yang disitribusikan oleh BAZNAS, “jelas Saidah.

Dia menambahkan bahwa seluruh perkembangan revolusi industri teknologi informasi harus diikuti oleh dunia pendidikan. Sekolah Cendekia BAZNAS melakukan digitalisasi pendidikan.  Transformasi dan inovasi lewat Smart Card pun diharapkan mampu membangun akuntabilitas di sekolah berasrama ini. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah Cendekia BAZNAS Ahmad Kamaluddin Afif menyampaikan bagaimana memudahkan pelayanan pendidikan dalam satu kartu. Fasilitas ini dinilai bukan hanya untuk pelayanan pendidikan saja tetapi kartu ini bisa untuk transaksi di koperasi. Dalam waktu yang singkat orang tua wali juga bisa mengetahui berapa jumlah saldo tabungan putra-putrinya. Adanya Smart Card diharapkan bisa memudahkan layanan terutama di bidang pendidikan. 

“Ini merupakan hal yang baik, kami bertekad terus memberikan yang terbaik meskipun sekolah SCB full beasiswa/gratis, namun kita ingin memberikan layanan terbaik dan profesional. BSI terus membersamai dan terus mendukung. Ini akan terus kita kembangan pelayanan pendidikan menghadapi era digital,” kata dia.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pimpinan Pusat Bank Syariah Indonesia (BSI) Lucky Afriansyah selaku Strategy & Performance Departemen Head, Manajer Area BSI Bogor, Kepala Cabang BSI Dramaga-Cibanteng Bogor, pimpinan dan staf, BAZNAS Provinsi se Indonesia serta orangtua/ wali siswa Sekolah Cendekia BAZNAS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement