Kamis 19 Aug 2021 21:20 WIB

Manusia Diberi Pahala Lebih, Ini Penjelasannya

Alquran menerangkan bahwa manusia akan diberi pahala lebih.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto:

Amal yang dibebankan kepada seseorang hanyalah yang sesuai dengan kesanggupannya. Agama Islam adalah agama yang tidak membebani manusia dengan beban yang berat dan sukar. Mudah, ringan dan tidak sempit adalah asas pokok dari agama Islam.

Dalam surah dan ayat lain, dijelaskan bahwa Allah tidak menjadikan kesukaran untuk kamu dalam agama. Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, karena manusia diciptakan (bersifat) lemah. Allah menghendaki kemudahan bagi kamu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.

Kemudian Allah menerangkan hasil amalan yang telah dibebankan dan dilaksanakan oleh manusia, yaitu amal saleh yang dikerjakan mereka. Maka balasannya akan diterima dan dirasakan oleh mereka berupa pahala dan surga.

Sebaliknya perbuatan dosa yang dikerjakan oleh manusia, maka hukuman akibat mengerjakan perbuatan dosa itu akan dirasakan dan ditanggung pula oleh mereka, yaitu siksa dan azab di neraka.

Ayat ini mendorong manusia agar mengerjakan perbuatan yang baik serta menunaikan kewajiban yang telah ditetapkan agama. Ayat ini memberi pengertian bahwa perbuatan baik itu adalah perbuatan yang mudah dikerjakan manusia karena sesuai dengan watak dan tabiatnya, sedang perbuatan yang jahat adalah perbuatan yang sukar dikerjakan manusia karena tidak sesuai dengan watak dan tabiatnya.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement