Selasa 17 Aug 2021 15:21 WIB

Pesan Kemerdekaan, Muhammadiyah: Jaga Keutuhan Bangsa!

Pesan Kemerdekaan, Muhammadiyah Ingatkan Tanggung Jawab Menjaga Keutuhan Bangsa

Rep: suara muhammadiyah/ Red: Muhammad Subarkah
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mengadakan kajian Ramadan dengan menghadirkan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.
Foto: Humas UMM
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mengadakan kajian Ramadan dengan menghadirkan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA, --  Dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia (HUT RI), yang bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 2021, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir menyampaikan ucapan selamat. Menurut dia, hari kemerdekaan adalah sebuah momentum bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Allah SWT telah menganugerahi bangsa Indonesia sebagai bangsa yang majemuk dan moderat. Bangsa yang terdiri atas berbagai agama, suku bangsa, ras, latar belakang kedaerahan, serta kebudayaan yang sangat beragam,'' kata Haedar pada Selasa (17/8).

 Dia mengatakan, walau dalam keragaman, bangsa Indonesia tetap bisa hidup rukun dan bersatu membangun Indonesia. Meski mayoritas penduduknya Muslim, bangsa Indonesia selalu mengedepankan toleransi dan persatuan.

"Negeri ini telah dianugerahi Allah dengan alam yang kaya dan indah, serta menjadi Tanah Air untuk semua. Keindahan alam dan kekayaannya mampu mengundang Multatuli dan mengatakan bahwa Indonesia bagaikan untaian zamrud khatulistiwa dengan iklim moderat, kaya dengan flora dan fauna, sumber daya alam melimpah, bahkan sebagai negeri kepulauan mampu bersatu dan berdaulat sebagai NKRI," ujarnya.

Bahkan, katanya, di tengah suasana memperingati 76 tahun kemerdekaan Indonesia semua anak bangsa hendanya terus tumbuhkan semangat ukhuwah yang lahir dari kebersamaan dan kebinekaan.

 

Sebagai penduduk mayoritas, lanjut Haedar, kaum Muslim pun telah memberikan warna dalam moderasi beragama, berbangsa, dan bernegara. Juga sudah banyak pengorbanan dan perjuangan yang telah ditorehkan.

“Maka, pada saat ini dan ke depan, umat Muslim dan seluruh umat beragama memiliki tanggung jawab Illahiyah dan Insaniyah untuk menjadikan negeri ini tetap utuh. Kaum Muslim sebagai mayoritas harus menjadi uswah khasanah. Hadir menumbuhkan sikap moderat untuk membawa Indonesia sebagai bangsa yang bersatu dan berkemajuan,'' katanya menegaskan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement