Sabtu 14 Aug 2021 04:40 WIB

Wirid Penghilang Kesulitan dalam Hidup

Tak jarang didapati persoalan di masyarakat seperti orang terlilit utang tapi kabur.

Memberi uang, dan membayar hutang (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron
Memberi uang, dan membayar hutang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Berbagai cara yang dilakukan orang untuk keluar dari kesumpekan atau kesulitan hidup di era modern. Namun, cara apapun yang ditempuh oleh seorang manusia tidak akan pernah menghilangkan kesumpekan hidup tanpa melibatkan Allah. Karena hanya Allah lah yang dapat menentramkan hati hambanya, mengganti kesulitan dengan kemudahan, mengganti kesedihan dengan kegembiraan. 

Tak jarang didapati persoalan di tengah masyarakat seperti orang terlilit utang tapi justru kabur dari penagihnya, stres mengalami kebangkrutan justru melampiaskan dengan meminum minuman keras dan lainnya. Cara-cara tersebut tidak akan pernah menyelesaikan persoalan yang dihadapi. 

Islam mengajarkan pemeluknya untuk optimis dalam menghadapi setiap kesulitan hidup yang datang menimpa. Kuncinya dengan sabar dan sholat. Selain itu Rasulullah telah mengajarkan sebuah wirid yang dapat diamalkan oleh umat Muslim yang merasa tengah berada dalam kesumpekan karena persoalan-persoalan yang menumpuk. 

Berikut wiridnya sebagaimana dapat ditemukan dalam kitab Wasiyatul Mustofa yakni kian berisi wasiat-wasiat Rasulullah kepada Ali bin Abi Thalib. Kitab ini disusun oleh Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafi'i Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syaran.

 

يَا عَلِيُّ، إِذَا أَصَابَكَ هَمٌّ أَوْ أَمْرٌ فَقُلْ سُبْحَانَكَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ عَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ أَنْتَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

Wahai Ali, jika mengenai terhadapmu kesumpekan atah musibah maka ucapkanlah (doa):  

سُبْحَانَكَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ عَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ أَنْتَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

Subhanaka robbi laa ilaha illa anta 'alaika tawakaltu anta robbul 'arsyil 'adzim.

Maha suci Engkau, Engkau Tuhanku, tiada tuhan selain Engkau, kepadaMu aku bertawakal, Engkau Tuhan Aras Yang Maha Besar.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement