Kamis 12 Aug 2021 14:53 WIB

Universitas Muhammadiyah Malaysia akan Memulai Operasional

Universitas Muhammadiyah Malaysia kampus pertama di luar negeri.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Akte Izin Pendirian Universitas Muhammadiyah Malaysia
Foto: PWMU Jatim
Akte Izin Pendirian Universitas Muhammadiyah Malaysia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Universitas swasta Muhammadiyah pertama di luar negeri, Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) bakal memulai operasional studi di tahun ini. Sebagai langkah awal, UMAM membuka 15 program studi.

“Umam melalui proses yang sejak awal kita lakukan, insya Allah akan melakukan usaha pendaftaran dan memulai operasional studi pada tahun ini,” kata Rektor UMAM Waluyo Adi Siswanto, dalam konferensi pers virtual, Kamis (12/8).

Baca Juga

Dia menyebut bahwa UMAM merupakan kampus yang bersifat terbuka untuk warga bangsa global. Sebab, kata dia, pendidikan Muhammadiyah adalah pendidikan yang bersifat inklusif bagi semua warga di ranah global.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, Muhammadiyah mengkhidmatkan UMAM untuk bangsa, dunia, dan global untuk Islam yang berawasan dan menebarkan rahmatan lil-alamin. Adapun alasan mengapa Malaysia yang dipilih sebagai tempat pertama universitas Muhammadiyah berdiri adalah karena Malaysia merupakan negara serumpun Indonesia.

Haedar menyampaikan, Malaysia dan Indonesia sebagai anggota ASEAN terus bergerak menjadi kekuatan regional dengan semangat fastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan) ingin terus memainkan peran global bersama bangsa-bangsa dari seluruh dunia. Dia pun menambahkan, warna Islam yang kebudayaan timur antara Indonesia dengan Malaysia juga membawa misi perdamaian dan kesatuan.

Baca juga : Universiti Muhammadiyah Malaysia Buka 15 Program Studi

“Malaysia adalah bangsa yang serumpun, Indonesia dan Malaysia terus bergerak menjadi kekuatan regional dan dapat bersatu membawa misi perdamaian dalam warna Islam yang berkebudayaan timur,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement