Jumat 06 Aug 2021 07:38 WIB

MUI Luncurkan Layanan Konsultasi Agama dan Kesehatan Virtual

Masyarakat yang melakukan konsultasi akan dilayani oleh pakar.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
MUI Luncurkan Layanan Konsultasi Agama dan Kesehatan Virtual
MUI Luncurkan Layanan Konsultasi Agama dan Kesehatan Virtual

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerakan Nasional Penanggulangan Covid-19 Majelis Ulama Indonesia (Gernas MUI) meluncurkan program baru bernama "Salam MUI", yaitu sebuah layanan konsultasi keagamaan dan kesehatan di masa pandemi. Masyarakat yang melakukan konsultasi akan dilayani secara virtual oleh para pakar yang telah disiapkan Gernas MUI

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ikhuwah KH Cholil Nafis mengatakan Gernas MUI Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi selain membantu masyarakat melalui program jaring pengaman sosial dan kebutuhan pokok juga berupa layanan keagamaan dan kesehatan. 

Baca Juga

"Karenanya, Gernas MUI meluncurkan program baru yaitu 'Salam MUI', layanan konsultasi keagamaan dan kesehatan secara virtual atau telekonseling bagi masyarakat yang hendak konsultasi keagamaan Islam dan kesehatan berkenaan dengan pandemi Covid-19," ujar Kiai Cholil kepada Republika.co.id, Jumat (6/8). 

Pengasuh Pondok Pesantren Cendikia Amanah Depok ini menjelaskan sudah satu tahun lebih pandemi Covid-19 melanda dunia. Tidak hanya mengancam kesehatan fisik, pandemi juga berdampak pada kesehatan mental. 

"Terlebih, dengan adanya pembatasan sosial, serta peningkatan kasus Covid-19 yang tinggi menjadikan kesabaran dan kepatuhan terus diuji," ucapnya. 

Berdasarkan hasil survei daring yang dilakukan oleh Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI pada 8-17 Maret 2021 ditemuka, mayoritas responden merasa semakin religius sejak menjalani hidup di era pandemi Covid-19. Mayoritas responden juga merasa keyakinan keberagamaan mereka membantu secara  psikologis dalam menghadapi pandemi dan dampaknya. Meski begitu Balitbang dan Diklat Kemenag menilai, masih sedikit layanan konsultasi psikospiritual atau psikologi keagamaan yang tersedia.

"Karena itu perlu ada pendampingan terhadap umat agar tetap kuat dan tangguh dalam menghadapi pandemi ini," kata Kiai Cholil. 

Bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi keagamaan Islam dan kesehatan berkenaan dengan Covid-19 bisa menghubungi melalui Whatsapp Center 081219519529 (Telkomsel) atau 0858800969660 (Indosat). Bisa juga melalui email [email protected]. Layanan WA dan email dibuka 24 jam dan konsultasi langsung sesuai jadwal yang disepakati dengan pakar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement