Senin 02 Aug 2021 11:15 WIB

Biografi Misteri Suharto Jenderal yang Selalu Tersenyum

Kisah Soeharto muda, kebangkitan menakjubkan orang kuat dari awal yang sederhana

Buku baru David Jenkins,
Foto:

Yang menarik adalah poin-poin yang lebih luas yang penulis buat tentang masa pendudukan Jepang ini dan dampaknya terhadap pembentukan Indonesia. Orang Jepang berusaha untuk menanamkan budaya mereka sendiri tentang semangat juang yang menuntut dan agresif pada anak muda Indonesia yang mereka rekrut untuk PETA. Pelatihan yang dilakukan mereka sangat keras dan seringkali brutal. Jenkins menunjukkan bahwa beberapa dari kekerasan dan kebrutalan biasa ini terus dilakukan oleh para perwira yang kemudian naik pangkat di tentara Indonesia.

photo
Keterangan foto: Suharto saat berpangkat Lettnan Jendral tahun 1966. - (Nikkei.com)

 

Mungkin lebih penting lagi, keputusan Jepang untuk melatih orang Indonesia agak terlambat dalam perang yang membantu menanamkan rasa motivasi yang kuat untuk membawa mereka melalui perjuangan revolusioner melawan pasukan Belanda yang kembali, yang pada awalnya didukung oleh pasukan Inggris yang diperlengkapi senjata dengan baik.

"Keyakinan pada voluntarisme, gagasan bahwa kekuatan yang bermotivasi tinggi dapat mengatasi musuh yang diperlengkapi dengan lebih baik, akan terbukti sangat penting," ujar Jenkins. "Itu datang untuk mendukung konsep Indonesia 'semangat' atau semangat revolusioner."

Buku ini hanya yang pertama dari biografi tiga jilid yang direncanakan dan berakhir tepat ketika revolusi akan dimulai pada tahun 1945. Analisis forensik penulis dan perhatian terhadap detail mungkin tidak mudah dibaca bagi pembaca umum, tetapi ruang lingkup karya magisterial ini jauh melampaui kehidupan Suharto, yang menjalani sisa hari-harinya setelah dia digulingkan dengan diam-diam merawat burung dan tidak banyak bicara sampai dia meninggal pada tahun 2008.

Buku ini merinci latar belakang salah satu yang paling luar biasa dan paling tidak di Asia, yakni perjuangan nasional yang terkenal serta kisah tentang seorang pria yang berjuang untuk dan kemudian membawa negaranya ke tingkat kemakmuran yang sedikit orang bayangkan dapat dicapai oleh seorang anak berpendidikan rendah dari desa terpencil di Jawa.

Itulah jasa Suharto terlepas dari semua kesalahannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement