Jumat 30 Jul 2021 12:51 WIB

Arab Saudi Sambut Turis Mulai 1 Agustus

Turis yang sudah divaksinasi lengkap dapat memasuki Saudi tanpa karantina.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Sambut Turis Mulai 1 Agustus. Desa Al-Souda dengan suasan asri dan sejuk menjadi daya tarik wisata di Arab Saudi.
Foto: Reuters
Arab Saudi Sambut Turis Mulai 1 Agustus. Desa Al-Souda dengan suasan asri dan sejuk menjadi daya tarik wisata di Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Pariwisata Arab Saudi mengumumkan akan membuka kembali perbatasannya untuk turis asing dan mencabut penangguhan masuk bagi pemegang visa turis mulai 1 Agustus.

Turis yang sudah divaksinasi lengkap dapat memasuki Saudi tanpa perlu masa karantina asalkan sertifikat vaksinasi resmi ditunjukkan pada saat kedatangan. Turis juga perlu menunjukkan bukti tes PCR dengan hasil negatif dalam waktu 72 jam dari waktu keberangkatan.

Baca Juga

Turis diharuskan mendaftarkan data mereka terkait dosis vaksinasi melalui portal elektronik baru dalam situs https://muqeem.sa/#/vaccine-registration/home. Selain itu, mereka juga wajib mendaftarkan diri melalui aplikasi Tawakkalna untuk mengunjungi tempat umum. Jenis vaksin yang disetujui oleh Saudi, yaitu dua dosis dari Pfizer, AstraZeneca atau Moderna, atau satu dosis Johnson & Johnson.

Mereka yang ingin mendapatkan visa turis dapat mendaftar melalui situs Spirit of Saudi, visitsaudi.com. “Kami menyambut wisatawan lagi dan kami sangat senang menerima tamu Kerajaan setelah jeda karena dampak pandemi virus corona,” kata Menteri Pariwisata Saudi Ahmed al-Khateeb, dikutip Al Arabiya, Jumat (30/7).

Al-Khateeb menjelaskan selama jeda, ia fokus pada upaya dan melakukan kerja sama dengan mitra di semua sektor untuk mempersiapkan pariwisata yang aman. Turis dapat menjelajahi situs penting, menikmati pengalaman wisata unik, dan belajar tentang budaya Saudi.

Arab Saudi secara resmi meluncurkan visa turisnya pada September 2019 sebelum menangguhkannya beberapa bulan kemudian ketika dunia melakukan karantina dan pembatasan perjalanan di tengah pandemi virus corona.

photo
Infografis wisata lembah di Arab Saudi - (Republika)
https://english.alarabiya.net/coronavirus/2021/07/30/Saudi-Arabia-to-welcome-tourists-starting-from-August-1

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement