Kamis 29 Jul 2021 21:13 WIB

Asuransi Islam Malaysia Kini Proteksi Kesehatan Mental

Cakupan kesehatan mental merupakan bagian dari rencana perlindungan bagi wanita.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Asuransi Islam Malaysia Kini Proteksi Kesehatan Mental
Foto: www.freepik.com
Asuransi Islam Malaysia Kini Proteksi Kesehatan Mental

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Kondisi kesehatan mental telah lama dikesampingkan oleh perusahaan asuransi Islam Malaysia. Bahkan, ketika satu dari tiga orang dewasa di Malaysia memiliki masalah kecemasan dan depresi.

Namun, hal ini perlahan berubah. Kini, cakupan kesehatan mental meningkat di antara perusahaan asuransi Islam Malaysia. Semakin bertambah perusahaan asuransi Islam di negara itu yang menyediakan proteksi kesehatan mental.

Baca Juga

Terbaru, operator takaful (konsep asuransi syariah) Prudential BSN memasukkan cakupan kesehatan mental lengkap di antara manfaat dari rencana baru untuk wanita. Langkah Prudential BSN ini mengikuti jejak dari operator takaful lainnya, AIA Takaful Bhd dan Etiqa.

Diluncurkan pada Juni 2021, sertifikat baru dari Prudential BSN ini mencakup gangguan depresi berat, depresi pascapersalinan, gangguan kecemasan umum, gangguan obsesif kompulsif, gangguan bipolar, dan skizofrenia. Cakupan kesehatan mental ini merupakan bagian dari rencana perlindungan bagi wanita, yang juga mencakup berbagai penyakit wanita dan memiliki perlindungan tambahan (rider) yang tersedia untuk perawatan kesuburan dan melindungi terhadap komplikasi kehamilan serta penyakit bawaan setelah melahirkan.

 

Dalam sebuah pernyataan, Prudential BSN mengatakan butuh waktu hingga tahun ini untuk mengenalkan cakupan kesehatan mental. Meski kesehatan mental telah diakui, namun itu masih relatif baru di Malaysia dan data tentang itu tidak komprehensif.

"Kami telah merencanakan mengenalkan cakupan yang berkaitan dengan kesehatan mental untuk sementara waktu, dan meluncurkannya selama masa pandemi ini telah terbukti tepat waktu dengan pandemi saat ini yang telah meningkatkan kesadaran tentang kesehatan mental," kata perusahaan Prudential BSN, dilansir di Salaam Gateway, Kamis (29/7).

Operator takaful ini memilih memasukkan kesehatan mental dalam sebuah rencana untuk wanita setelah mengidentifikasi dari statistik kesehatan bahwa kondisi kesehatan mental lebih umum di kalangan wanita dewasa Malaysia. Satu penelitian terbaru menunjukkan prevalensi lebih tinggi dari gejala depresif, kecemasan dan stres di kalangan wanita dibandingkan dengan pria.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement