Ahad 25 Jul 2021 16:10 WIB

PPKM Berakhir atau Tidak, Prokes Jalan Terus

Umat Islam diminta tidak lalai menjalankan prokes.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Prof Dadang Kahmad
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Prof Dadang Kahmad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua PP Muhammadiyah Prof Dadang Kahmad mengimbau umat Islam tidak lalai menjalankan protokol kesehatan, baik ketika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang atau tidak. PPKM berakhir pada hari ini dan hingga kini belum ada keputusan diperpanjang-tidaknya dari pemerintah.

"Semua protokol yang harus dijalankan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas, itu perlu. Karena bagaimana pun penyakit ini penyakit (yang disebabkan) kerumunan, jadi kita sendirilah yang harus mengatur," tutur dia kepada Republika.co.id, Ahad (25/7).

Baca Juga

Apalagi, Dadang melanjutkan, syariat Islam memerintahkan untuk tidak membahayakan diri dan orang lain. "Pandemi ini masih tinggi, belum terkendali, kita harus mengendalikan diri sendiri dengan ikhtiar yang maksimal, tanpa lalai, tanpa menyepelekan, dan Insya Allah kita terhindar dari pandemi," ujarnya.

Dadang memandang, sebagian masyarakat telah mematuhi protokol kesehatan dengan baik. Tetapi ada sebagian lain yang masih lalai dan menganggap tidak penting. Menurut dia, kemungkinan ini karena mereka terpengaruh informasi hoaks yang berkaitan dengan Covid-19.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement