Kamis 22 Jul 2021 23:36 WIB

Cerita Pequrban Cilik Hani, Upah Kupas Bawang dan Celengan

Hani merupakan contoh pequrban cilik yang menginspirasi

Hani merupakan contoh pequrban cilik yang menginspirasi. Ilustrasi qurban
Foto:

Namun menurut Alizar anak yang belum akil balig berarti belum mukallaf atau belum terbebani aturan dan kewajiban dalam agama. Misalnya, belum dibebankan sholat, puasa, termasuk berqurban.

Meskipun anak belum diwajibkan berqurban, namun jika si anak memang mampu membeli hewan qurban dan berkeinginan untuk berqurban maka diperbolehkan ikut berqurban atas nama anak itu sendiri dan qurbannya itu sah.

"Menurut saya ini merupakan salah satu bentuk pola asuh yang bagus bagi orang tua terhadap anak tentang nilai-nilai ibadah berqurban," kata dia.

Dia menyebutkan dalam hukum fikih terdapat ketentuan hewan ternak yang boleh digunakan untuk berqurban diantaranya sapi, unta, kerbau, dan kambing. Namun di Kabupaten Solok lebih banyak menggunakan sapi dan kambing.

Satu ekor kambing untuk satu orang, sedangkan seekor sapi bisa untuk tujuh orang. Namun satu ekor sapi juga untuk satu orang, tergantung tingkat kemampuan ekonomi seseorang. Selain itu, di sebagian kalangan masyarakat termasuk di Kabupaten Solok sering ditemui memilih qurban satu kambing per orangan atau satu sapi untuk tujuh orang yang dilakukan secara patungan. Salah satu alasan banyaknya orang yang melakukan qurban secara patungan adalah kondisi keuangan. 

Jika memang tidak mampu berqurban seekor hewan ternak per orangan, maka ada pilihan tujuh orang mengurbankan satu ekor sapi sebagai solusinya.

Selain itu, kata qurban berasal dari kata qurb atau qurban yang berarti 'dekat'. Sedangkan penulisan qurban dengan imbuhan alif dan nun bermakna 'kesempurnaan.'Sehingga qurban berarti kedekatan yang sempurna atau dalam makna lainnya, qurban berarti menyembelih hewan untuk melaksanakan perintah Allah SWT sekaligus mendekatkan diri kepada Yang Mahakuasa.

 

Tentu apa yang dilakukan Hani tidak harus diikuti anak seusianya. Namun bagi orang dewasa yang sudah mampuberqurban, setidaknya dapat menjadi penyemangat untuk terusberbagikepada sesama. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement