Sabtu 17 Jul 2021 09:11 WIB

AS Kirim Vaksin Covid-19 ke Ukraina dan Bangladesh

Vaksin covid-19 di AS akan dikirimkan ke Ukraina dan Bangladesh.

Rep: Lintar Satria/ Red: Muhammad Hafil
AS Kirim Vaksin Covid-19 ke Ukraina dan Bangladesh. Foto: Vaksin Covid 19 (ilustrasi).
Foto: Flickr
AS Kirim Vaksin Covid-19 ke Ukraina dan Bangladesh. Foto: Vaksin Covid 19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON--Gedung Putih mengatakan Amerika Serikat (AS) kirim dua juta dosis vaksin virus korona Moderna ke Ukraina melalui program distribusi vaksin internasional Covax. AS juga berencana untuk mengirimkan 3.5 juta dosis vaksin Moderna ke Bangladesh pada akhir pekan ini.

Sabtu (17/7) pemerintah AS mengatakan dosis vaksin untuk Bangladesh akan tiba pada Senin (19/7).

Baca Juga

Pengiriman dosisi ini bagian dari janji Presiden Joe Biden untuk berbagi vaksin AS ke negara lain di seluruh dunia. Baik melalui Covax atau dikirimkan langsung dari AS.

"Tim sainstifik dan hukum dan regulator yang berwenang dari kedua negara telah bekerja sama untuk memastikan pengiriman vaksin yang banyak berjalan aman dan efektif," kata pemerintah AS.

Awal bulan lalu Biden mengumumkan AS akan membeli 500 juta dosi vaksin dari Pfizer untuk disumbangkan ke 92 negara pendapatan rendah dan Uni Afrika. Pengumuman ini disampaikan dalam pertemuan G7 di Inggris.

Vaksin akan distribusikan melalui program penyebaran vaksin Covax. Sekitar 200 juta vaksin akan dibagikan tahun ini dan 300 juta vaksin akan didonasikan pada pertengahan pertama tahun 2022. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement