Jumat 09 Jul 2021 23:41 WIB

Al Azhar Ajak Mahir Berbahasa Arab di Kampung Arab Pare

Al Azhar juga menawarkan Tahfidz Center untuk menghafal Alquran di Kampung Arab

Mempelajari bahasa Arab tentunya tak mudah dilakukan tanpa arahan atau bimbingan dari ahlinya. Al Azhar Pare adalah sebuah lembaga kursus bertempat di Pare, Kediri, Jawa Timur, yang dapat menjadi destinasi untuk mereka yang ingin mempelajari bahasa Arab. Berdiri sejak 1 Januari 2013, Al Azhar mencetuskan kawasan edukasi bernama Kampung Arab Pare yang letaknya berdampingan dengan Kampung Inggris.
Foto:

Al Azhar menaungi sejumlah instansi yang bergerak di bidang bahasa Arab, semua instansi tersebut saling bersinergi dan membentuk ekosistem lingkungan bahasa Arab terpadu. Salah satu instansinya ialah lembaga kursus bahasa Arab yang siap membantu para peserta didik dalam mengasah kemampuan berbahasa Arab.

Ustadz Muslikhin selaku Wakil Direktur Al Azhar Pare menyatakan, “Jika berbicara soal ekosistem bahasa Arab, Al Azhar memiliki semua yang dibutuhkan. Ekosistem bahasa Arab di kawasan Kampung Arab Al Azhar sudah terbentuk dengan baik. Inilah yang menjadi nilai lebih kawasan Bahasa Arab Al Azhar.”

Selain lembaga kursus bahasa Arab, ada Al Azhar Tahfidz Center, yaitu lembaga tahfidz berfasilitas asrama yang siap membantu para peserta didik dalam proses menghafal Alquran. Kemudian, ada juga Al Azhar Center Pare sebagai mediator persiapan dan pemberangkatan kuliah ke Timur Tengah, terutama Al Azhar Cairo Mesir. Di samping itu, Al Azhar Center Pare juga menyediakan layanan tes TOAFL & TOEFL secara online dengan sertifikat resmi.

“Al Azhar juga memiliki program bahasa Arab online dengan biaya terjangkau bagi mereka yang ingin kursus bahasa Arab tetapi terbatas oleh jarak dan waktu. Bahkan, Al Azhar bersinergi dengan Pondok Pesantren Tahfidz Darul Fuqoha yang juga didirikan oleh pendiri Al Azhar,” imbuh Ustadz Muslikhin.

 

Untuk mematahkan stereotip tentang bahasa Arab yang sulit dipelajari, Ustadz Rohmanuddin dan Ustadz Muslikhin berharap Kampung Arab Pare ini dapat menjadi wadah bagi mereka yang ingin mempelajari bahasa Arab dengan metode belajar yang menyenangkan dan mudah dimengerti, serta membantu mengembangkan edukasi dan minat belajar bahasa Arab di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement