Jumat 09 Jul 2021 02:36 WIB

Cara Menghafal Alquran Ala Muslim Cilik AS

Mohsin yang saat ini berusia 12 tahun, sekarang telah menjadi penghafal Alquran.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Alquran
Foto:

Mendiang Bill Gent, editor jurnal Asosiasi Nasional Guru Pendidikan Agama yang berbasis di Inggris, menulis pada tahun 2015 bahwa seorang hafiz menjadi rantai transmisi yang melaluinya, dari satu generasi Muslim ke generasi berikutnya, tidak hanya kata-kata yang diturunkan kepada Muhammad, tetapi juga suara kata-kata yang dibacakan.

Patel mengatakan, menghafal Alquran adalah tradisi umum di Pakistan, Asia, dan di tempat lain di dunia Muslim. Dalam budaya Muslim, sangat lumrah orang tua ingin anak-anaknya menghafal Alquran jika mereka memiliki potensi.

"Ini adalah cara untuk menghubungkan mereka dengan kitab suci. Alquran adalah titik pusat kehidupan kita karena itu adalah wahyu dari Tuhan secara langsung dan itulah yang kita yakini," jelasnya.

Menghafal Alquran juga tidak terbatas pada anak-anak saja. Namun sebaiknya memang dimulai sejak dini. Karena kalau melakukannya saat usia tua, tentu akan ada berbagai urusan yang perlu diselesaikan, sehingga menghalangi dirinya untuk fokus menghafal Alquran. 

 

"Semakin kita terhubung dengan program-program yang menekankan pada Alquran, semakin sehat komunitas Muslim di Charlotte. Saya melihatnya sebagai sesuatu yang mutlak diperlukan untuk ambisi dan tujuan jangka panjang kami di Charlotte sebagai komunitas Muslim," kata Chaudhry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement