Sabtu 12 Jun 2021 03:55 WIB

Riz Ahmed: Karakter Muslim di Film Digambarkan Buruk

Dari 41 karakter Muslim, 39 persen digambarkan sebagai pelaku kekerasan.

Rep: Mabruroh/ Red: Agung Sasongko
Aktor Riz Ahmed.
Foto:

Dari 200 film itu, hanya enam yang menampilkan Muslim sebagai pemeran utama, dan bahkan dalam film-film itu mereka memainkan peran yang melayani tujuan karakter kulit putih. Tidak ada yang melayani audiens yang lebih muda.

Sementara tujuh karakter dari hampir 9.000 adalah anak-anak Muslim, dari 23 film animasi yang ditonton dalam 200, tidak ada yang memasukkan karakter Muslim.

"Penghapusan karakter Muslim sangat menonjol dalam animasi, di mana tidak satu pun film animasi yang kami periksa menampilkan karakter Muslim,” kata rekan penulis Dr. Stacy L Smith. 

“Dipasangkan dengan temuan bahwa hanya tujuh karakter Muslim yang merupakan anak-anak, film-film populer mengirimkan pesan yang kuat kepada anak-anak bahwa Muslim tidak termasuk dan tidak layak dimasukkan dalam cerita,” kata Smith.

Dari 41 karakter Muslim utama atau pendukung, lebih dari setengahnya digambarkan sebagai imigran atau pengungsi, tidak berbicara bahasa Inggris atau dengan aksen dan mengenakan pakaian yang berhubungan dengan Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement