Jumat 11 Jun 2021 14:09 WIB

Arab Saudi Izinkan Perempuan Hidup Sendiri tanpa Wali

Keluarga tidak bisa menuntut putri mereka yang memilih hidup sendiri.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Izinkan Perempuan Hidup Sendiri tanpa Wali
Foto:

Pada Juli tahun lalu, penulis Saudi Mariam al-Otaibi memenangkan hak untuk hidup sendiri setelah diadili dan bepergian sendiri tanpa izin ayahnya. Pengadilan mengeluarkan keputusan, dia memiliki hak memilih tempat tinggal.

Al-Otaibi ditangkap tiga tahun sebelumnya setelah melarikan diri dari rumah keluarganya di al-Rass, 250 mil barat laut ibu kota Riyadh. Dia pindah karena klaim pelecehan oleh ayah dan saudara laki-lakinya.

Awal tahun ini, Arab Saudi mengizinkan wanita berusia 18 tahun ke atas mengubah nama mereka di kartu identitas mereka tanpa izin wali mereka. Pihak berwenang juga mencabut pembatasan perjalanan pada wanita Saudi pada 2019.

Wanita di atas usia 21 tahun diizinkan mengajukan paspor dan bepergian dengan bebas. Tahun sebelumnya, wanita Saudi diizinkan mengemudi, mengakhiri larangan kontroversial selama beberapa dekade.

Perkembangan hukum ini bagian Visi 2030 negara itu, sebuah inisiatif oleh Putra Mahkota Mohammed Bin Salman yang bertujuan mendiversifikasi ekonomi dan mengarahkan Kerajaan menuju bentuk Islam yang lebih moderat. Namun, menurut laporan Human Rights Watch 2016, Kerajaan harus menerapkan reformasi secara bertahap karena masih dipengaruhi oleh interpretasi ketat ulama konservatif yang kuat tentang hukum Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement