Kamis 03 Jun 2021 03:01 WIB

ACT Kota Bekasi Galang Dana Pengobatan 'Pak Ogah Si Unyil'

Abdul Hamid didiagnosa mengalami penyumbatan pembuluh darah di otak.

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Agus Yulianto
Dono Arsiano, anak Abdul Hamid, pengisi suara Pak Ogah dalam serial legendaris Si Unyil. Rabu (26/5).
Foto: Republika/Uji Sukma Medianti
Dono Arsiano, anak Abdul Hamid, pengisi suara Pak Ogah dalam serial legendaris Si Unyil. Rabu (26/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Lama tak terdengar kabarnya, pemeran sekaligus pengisi suara Pak Ogah dalam serial ‘Si Unyil’ Abdul Hamid (73 tahun) saat ini dalam kondisi memprihatinkan. Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Bekasi berkesempatan mengunjungi kediaman Pak Ogah, di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

Saat ditemui di rumahnya, sang istri mengungkapkan, bahwa Abdul Hamid didiagnosa mengalami penyumbatan pembuluh darah di otak sehingga kondisi kesehatannya menurun dan mengalami gangguan berbicara dan bergerak.

“Kepalanya sakit dan ngomong sama baca itu susah. Makanya bapak udah berapa bulan ini enggak bisa isi suara lagi padahal satu-satunya penghasilan dari sana. Bahkan pernah bapak sampai pingsan karena saking sakitnya,” kata istri Pak Ogah, Yuyun Widayani.

Yuyun mengungkapkan, karena hal tersebut kini keluarganya tak memiliki pemasukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Bahkan, di bulan Ramadhan lalu untuk pertama kalinya keluarga Abdul Hamid sampai menerima bantuan dana dari zakat fitrah oleh masjid lingkungan rumahnya.

“Baru tahun ini saya dapat (zakat fitrah) dari masjid, sebelum-sebelumnya belum pernah. Karena memang kondisinya sulit, tapi alhadulillah sekarang kesambung lagi dari dapat bantuan dari masjid itu,” ujarnya.

Yuyun pun menyampaikan, kondisi terkini Abdul Hamid sedang dalam perawatan di rumah sakit setelah beberapa hari lalu terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit. "Sejak semalam dirawat lagi di rumah sakit,” sambung Yuyun.

Atas kondisi tersebut, tim ACT Kota Bekasi melakukan penggalangan donasi melalui website indonesiadermawan.id dan kitabisa.com. Penggalangan dana tersebut dilakukan sebagai ikhtiar ACT untuk membantu memfasilitasi keluarga Pak Ogah dengan para Dermawan yang ingin membantu meringankan kesulitan keluarga Pak Ogah.

“Melihat kondisi Pak Ogah yang saat ini sakit serta kesulitan ekonomi keluarganya, maka ACT Kota Bekasi berikhtiar menghimpun kedermawanan dari masyarakat, semoga ikhtiar ini bisa membantu Pak Ogah dan keluarganya. Masyarakat yang ingin membantu bisa melalui laman indonesiadermawan.id/BantuPakOgah,” ujar Tim Program ACT Kota Bekasi Ihsan Hafizhan.

Untuk diketahui, Pak Ogah merupakan salah satu karakter dalam serial yang melegenda di tahun 80-an, yakni Si Unyil. Saat ini, serial tersebut kembali dihidupkan dalam program tayangan Laptop Si Unyil di salah satu stasiun televisi swasta.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement