Rabu 02 Jun 2021 06:10 WIB

Alasan Pentingnya Penuhi Hak Muslim Menurut Syekh Al Qarni

Syekh Aidh Al Qarni mengingatkan pentingya hak sesama Muslim

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Syekh Aidh Al Qarni mengingatkan pentingya hak sesama Muslim. Ilustrasi hak sesama Muslim
Foto: Republika/Musiron
Syekh Aidh Al Qarni mengingatkan pentingya hak sesama Muslim. Ilustrasi hak sesama Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sesungguhnya di antara tujuan syariat Islam adalah mempersatukan hati, meluruskan saf, menyatukan ucapan, menjaga hubungan agar tidak retak, dan menghilangkan penyebab pertentangan. Tujuan syariat inilah yang merupakan hak bagi sesama Muslim.

Syekh Aidh Al Qarni dalam buku Sentuhan Spiritual mengatakan, seyogianya bagi umat Islam bahwa belum berpegang teguh terhadap ajaran Islam bagi mereka jika belum memenuhi hak-hak sebagai Muslim kepada Muslim lainnya. Perbedaan suku maupun ras tidak sama sekali bertentangan dalam ajaran Islam selagi seluruhnya saling mengasihi satu sama lain.

Sebagaimana dijelaskan bahwa Allah telah mempersatukan antara Bilal dari Habasyah, Shuhaib dari Roma, Salman dari Persia, dan Ali dari Quraisy dalam satu kesatuan Islam.

Syekh Aidh berkata bahwa Allah memerintahkan umat manusia untuk berpegang tehuh pada tali-Nya dan melarang untuk saling bertentangan dalam perbedaan. Allah berfirman dalam Alquran surat Ali Imran ayat 103: 

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ 

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai. Dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadikan kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” 

Syekh Aidh Al Qarni berpendapat bahwa seseorang tidaklah sekali-kali mendapatkan rahmat Allah kecuali dia mneyayangi saudaranya se-Islam dan membantunya. Maka demikian, Allah akan membantu seorang hamba selama hamba itu menolong saudaranya. Rahmat Allah itu akan turun, kata Syekh Aidh, bersama pertolongan kepada saudara-saudara se-Muslim.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement