Rabu 19 May 2021 21:00 WIB

Ustaz Maulana: Jalankan Prokes Demi Kebaikan Bersama

Ustaz Maulana mengajak jalankan protokol kesehatan demi kebaikan bersama.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Agung Sasongko
Ustaz Maulana.
Foto:

Meski hari raya selalu identik dengan budaya silahturahmi, namun pandemi memaksa kita untuk beradaptasi dengan keadaan, salah satunya dengan silahturami virtual.

Jika merujuk pada syariat agama, Islam juga memberikan solusi serupa dalam pelaksanaan haji, dimana jamaah yang tidak memungkinkan menyentuh atau mencium hajar aswad, hanya perlu mengangkat tangannya lalu menciumnya, sebagai ganti dari ketidaksanggupannya untuk mencium hajar aswad secara langsung. 

“Maksudnya adalah, Islam memberikan keringanan bagi mereka yang tidak memungkinkan mencium langsung Hajar aswad, ini adalah solusi yang diberikan agama, karena Allah SWT tidak mungkin menguji hamba-Nya diatas kemampuannya. Jadi tidak perlu memaksakan diri terlebih jika itu berpotensi membahayakan diri,” jelasnya. 

Adapun solusi untuk mengobati kerinduan untuk bertemu keluarga di kampung halaman, berdasarkan saran Rasulullah SAW adalah berdoa, mendoakan kebaikan orang tua dan keluarga. Bersedekah atas nama orang tua atau orang yang sangat ingin kita kunjungi juga dapat menjadi solusi peredam rindu. Terakhir, merajut silahturahmi dengan saudara atau keluarga terdekat, masih berada di satu wilayah. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement