Jumat 14 May 2021 16:45 WIB

Cara Menahan Diri Agar tidak Makan Berlebihan Saat Lebaran

Terkadang, tubuh sangat membutuhkan air, bukan makanan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Cara Menahan Diri Agar tidak Makan Berlebihan Saat Lebaran
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Cara Menahan Diri Agar tidak Makan Berlebihan Saat Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan berlebihan di saat Hari Raya Idul Fitri tampaknya sulit dihindari. Apalagi jika kita mengunjungi beberapa tempat untuk silaturahim. Makan menjadi hal yang tidak terhindarkan.

Namun, makan berlebihan tentu berdampak buruk bagi tubuh. Berikut penjelasan dalam artikel dari Muslim News Staff yang dipublikasikan laman About Islam pada 13 Mei 2021 tentang makan berlebihan.

Baca Juga

15 Tips Menahan Makan Berlebihan

1. Tetap sibuk. Jika kamu terus-menerus melakukan sesuatu, hal itu akan menjauhkan pikiran kamu dari makanan.

2. Jalan-jalan. Saat berolahraga, tubuh melepaskan hormon yang disebut endorfin yang secara positif memengaruhi suasana hati dan keadaan psikologis orang tersebut.

3. Kunyah dengan baik dan jeda di antara suapan. Ini membantu pencernaan kamu dan membuat kamu merasa kenyang lebih cepat. (Abdul-`Aal).

4. Jangan menelan makanan sambil berjalan atau melakukan hal lain (Abdul-`Aal). Tetapkan waktu terpisah untuk makan yang sepenuhnya berfokus pada makanan dan menikmatinya.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement