Sabtu 10 Apr 2021 07:49 WIB

Agar Dijauhi dari Sifat Kikir, Baca Doa ini

Abdurahman bin Auf selalu membaca doa untuk dijauhi dari sifat kikir.

Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sufyan ats Tsauri saat melaksanakan thawaf melihat seseorang tengah berdoa. Doa tersebut diulangi terus.

"Allahuma qinni syuhha nafsii (Ya Allah, hilangkanlah dariku sifat pelit (lagi tamak), dan jadikanlah aku orang-orang yang beruntung)." Doa diketahui Ats Tsarui diambil dari firman Allah Ta’ala dalam surat Ath Taghabun ayat 16.

Baca Juga

"Jika saja, diriku terselamatkan dari sifat syuhh, tentu aku tidak akan mencuri harta orang, aku tidak akan berzina dan aku tidak akan melakukan maksiat lainnya,"tanya ats Tsauri kepada laki-laki tersebut. Ternyata, laki-laki tersebut adalah Abdurahman bin Auf.  (Dibawakan oleh Ibnu Katsir pada tafsir Surah Al Hasyr ayat 10).

Abdurrahman bin Auf ra, salah satu sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang paling kaya diriwayatkan seorang yang sangat dermawan. Namun, kedermawanannya tidak menutupi Abdurrahman RadhiyAllahu 'Anhu untuk berdoa agar dijauhi dari sifat kikir.

Kabar dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam itu lantaran Abdurrahman RadhiyAllahu 'Anhu termasuk sahabat Nabi yang tak pernah ragu menyumbangkan hartanya untuk kepentingan dakwah Islam. Karenanya, tidak salah jika Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyatakan jika Abdurrahman RadhiyAllahu 'Anhu masuk surga dengan merangkak.

Ditafsirkan yang dimaksud Abdurrahman merangkak itu bukan karena sulitnya ia masuk surga, akan tetapi karena sangat dekat dan mudahnya, sehingga ia tidak perlu lagi berjalan, cukup dengan merangkak saja.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement