Jumat 26 Mar 2021 17:11 WIB

Bantu Deteksi Covid-19, Masjid Jogokariyan Sediakan Genose

Layanan pemeriksaan Genose terbuka untuk semua kalangan masyarakat.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ani Nursalikah
Bantu Deteksi Covid-19, Masjid Jogokariyan Sediakan Genose.
Foto: Wihdan Hidayat/ Republika
Bantu Deteksi Covid-19, Masjid Jogokariyan Sediakan Genose.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Masjid Jogokariyan Yogyakarta terus meningkatkan ikhtiar dalam rangka membantu mendeteksi penyebaran Covid-19 di Indonesia. Setelah menghadirkan layanan rapid test antigen, kini Masjid Jogokariyan menyediakan layanan tes Covid Genose C19.

Layanan Genose mulai disediakan sejak 26 Maret 2021, dan tersedia selama waktu kerja yang dimulai sekitar 08.00-16.00 WIB. Pemeriksaan menggunakan Genose disiapkan di halaman Masjid Jogokariyan sehingga tidak mengganggu area ibadah.

Baca Juga

Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan Ustaz Muhammad Jazir mengatakan, layanan tes Covid menggunakan Genose tersebut ditujukkan bagi siapa saja yang membutuhkan. Mulai dari warga sekitar, jamaah masjid, dan jamaah pendatang.

"Kalau warga kami itu bebas infaq atau tidak infaq, tapi kalau warga dari luar silakan infaq minimal Rp 15 ribu untuk biaya operasional per pasien bebas saja," kata Jazir kepada Republika.co.id, Jumat (26/3).

Saat dihadirkan layanan antigen sudah lebih dari 150 orang yang menggunakan. Dari sanalah, didapati warga positif Covid-19 sebanyak 35 orang, dan temuan tersebut sempat pula diberitakan media-media massa lokal.

Sejauh ini, sudah banyak masyarakat dan musafir dari luar kota yang menggunakan Genose di Masjid Jogokariyan. Menurut Jazir, itu justru baik mengingat banyak musafir tidak pernah tes karena tidak bepergian memakai kereta atau pesawat.

Terlebih, aktivitas mereka cukup tinggi karena biasanya berpindah dari satu masjid ke masjid lain. Karenanya, ia menekankan, akan lebih aman bagi musafir jika tes, apalagi jika layanan tes tersebut disediakan masjid-masjid.

"Harapannya, sebaran Covid-19 bisa segera kita kendalikan dengan partisipasi. Saya kira jika masjid-masjid yang punya dana melakukan ini cepat sekali kita bisa menangani Covid ini, kita hanya menginisiasi membantu pemerintah menangani Covid," ujar Jazir.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement