Kamis 11 Mar 2021 09:39 WIB

Pakistan Siapkan Paket Bantuan Ramadhan Rp 715 Miliar

Bantuan Ramadhan di dalamnya memuat tepung terigu, gula, dan ghee.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Pakistan Siapkan Paket Bantuan Ramadhan Rp 715 Miliar. Umat muslim membaca Alquran di sebuah Masjid di Peshawar, Pakistan.
Foto: EPA-EFE/ARSHAD ARBAB
Pakistan Siapkan Paket Bantuan Ramadhan Rp 715 Miliar. Umat muslim membaca Alquran di sebuah Masjid di Peshawar, Pakistan.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Pemerintah Pakistan menyetujui adanya paket bantuan yang diberi nama Ramadhan Relief Package 2021, Rabu (10/3). Bantuan yang disiapkan senilai total 7,8 miliar rupee Pakistan atau setara Rp 715 miliar.

Sebuah perusahaan pemilik toko utilitas disebut akan mensubsidi 19 barang penting di bawah paket bantuan yang diusulkan. Termasuk di dalamnya menyediakan tepung terigu, gula, dan ghee atau margarin, yang memiliki perbedaan signifikan terhadap harga yang berlaku di pasar domestik.

Baca Juga

Dilansir di Pakistan Observer, Kamis (11/3), harga gula pasir, ghee, teh, tepung, dan minyak goreng akan diturunkan menjadi 40, 43, 50, 30,5 dan 20 rupee Pakistan per Kg dan per liter. Ketentuan ini akan lebih murah dari harga pasaran secara serentak.

Gula akan tersedia di gerai USC dengan harga Rs 68 rupee Pakistan per Kg, Ghee 175 rupee Pakistan per Kg, dan kantong tepung seberat 20 Kg akan dijual dengan harga 800 rupee Pakistan.

Barang-barang lain yang serupa dan terkait dengan kebutuhan rumah tangga juga akan tersedia dengan harga 10 hingga 20 rupee Pakistan lebih murah daripada pasar terbuka. Beras dan kurma akan tersedia di gerai USC dengan harga 12 dan 10 rupee Pakistan lebih murah daripada pasar.

Paket Bantuan Ramadhan-2021 ini mendapat persetujuan dalam pertemuan Komite Koordinasi Ekonomi, yang diketuai oleh Menteri Federal untuk Keuangan dan Pendapatan Abdul Hafeez Shaikh.

Kementerian Perindustrian dan Produksi mempresentasikan 'Ramadan Relief Package-2021' sesuai dengan arahan Perdana Menteri. Tujuannya, untuk memberikan bantuan yang maksimal kepada segmen masyarakat yang terpinggirkan selama bulan suci Ramadhan.

Kepada forum, USC menjelaskan pengadaan akan dimulai dari 01 April 2021. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan barang-barang dasar dengan harga diskon di 4.000 gerai USC di seluruh negeri.

Komite lantas mengarahkan MD USC untuk berkoordinasi dengan Divisi Keuangan untuk pencairan dana secara tepat waktu, guna memastikan pengadaan sesuai jadwal dan pengaturan kontinjensi lainnya.

https://pakobserver.net/govt-okays-rs7-8b-ramadan-relief-package/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement