Rabu 10 Mar 2021 13:48 WIB

Shigor Bengkulu Gelar Try Out Akbar untuk Masuk Gontor

Try Out Akbar diikuti peserta dari Provinsi Bengkulu dan Sulawesi Selatan.

Sebanyak 78 peserta mengikuti Try Out Akbar untuk persiapan masuk Pesantren Gontor, yang diadakan oleh Shigor Bengkulu, Ahad (7/3).
Foto: Dok Shigor Bengkulu
Sebanyak 78 peserta mengikuti Try Out Akbar untuk persiapan masuk Pesantren Gontor, yang diadakan oleh Shigor Bengkulu, Ahad (7/3).

REPUBLIKA.CO.ID,  BENGKULU -- Shigor Bengkulu (Bimbingan Masuk Gontor) menggelar Try Out Akbar di Bengkulu, Ahad (7/3). Acara itu diikuti  78  peserta dari  berbagai kabupaten di provinsi Bengkulu. Bahkan,  enam peserta berasal dari Empat Lawang,  Sumatera Selatan.

Try Out Akbar ini digelar untuk melatih dan meningkatkan kepercayaan diri para calon pelajar Gontor yang akan mengikuti Ujian Masuk Gontor pada bulan Syawal mendatang, langsung di Pondok Pesantren Gontor Pusat, Ponorogo Jawa Timur.

"Try out ini telah dilangsungkan sebanyak 3 kali dan ini kali keempatnya" ujar Imam Maulana selaku ketua panitia Try Out Akbar, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (10/3).

Shigor Bengkulu adalah lembaga Bimbingan Belajar Bahasa Arab yang aktif mengajak dan membimbing anak anak asal Bengkulu untuk melanjutkan studinya di Pondok Modern Gontor. Alasannya adalah, Pondok Modern Gontor dengan kapasitas serta kualitasnya yang sudah diakui dunia ini, berbiaya cukup terjangkau yaitu 640.000 per bulan. Biaya itu  sudah termasuk sekolah, asrama, makan tig kali sehari serta segala ekstrakulikulernya.

Biaya yang relative terjangkau itu   bisa membantu semua kalangan. "Di tahun 2021,  sekolah internasional berbiaya seperti sudah cukup langka,”  ujar H Agususanto  Lc, MH selaku pendiri serta pembina Shigor Bengkulu.

Agus – panggilan akrabnya – menjelaskan, saat ini Shigor Bengkulu memiliki tiga Rumah Belajar yang berada di Kota Bengkulu, Kabupaten Kepahiang dan kabupaten Bengkulu Utara. “Harapan ke depannya semua kabupaten di Provinsi Bengkulu ada Rumah Belajar Shigor yang akan menjadi pusat pembelajaran bahasa Arab berorientasi ke Gontor,” ujar alumnus Al-Azhar University Kairo itu.

Ia menambahkan, “Kami pun berharap dengan adanya kegiatan ini menjadi dakwah  promosi kami, terkait   sumber daya manusia (SDM) (dan sumber daya alam  (SDA) Bengkulu. Untuk itulah Try Out Akbar yang melibatkan seluruh kabupaten ini kami selenggarakan di Masjid At-Taqwa Kota Bengkulu yang menjadi ikon Kota Bengkulu.”

Agus mengemukakan,  Masjid At-Taqwa sangat  luas dan nyaman ditambah lagi dengan kehadiran Berendo Kota Bengkulu menjadikan masjid tersebut punya  daya tarik bagi para wisatawan. “Dari para peserta Try Out Akbar inilah kami berharap m para orang tua dan calon santri dapat memberi kabar keberadaan sesuatu yang indah atau  Instagramable kepada sanak familinya,” tuturnya.

Agus  berharap setiap pimpinan daerah  mampu menyulap dan menghadirkan masjid-masjid di wilayahnya yang smart dan nyaman bagi generasi muda. “Karena,  sesungguhnya merekalah generasi penerus estafet yang menghidupkan  masjid-masjid di kemudian hari,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement