Sabtu 06 Mar 2021 16:15 WIB

Ustaz Yusuf Mansur Tanam Bibit Pohon di Kawasan Bromo UNS

Sebagai implementasi program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar UNS.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ustaz Yusuf Mansur Tanam Bibit Pohon di Kawasan Bromo UNS (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Ustaz Yusuf Mansur Tanam Bibit Pohon di Kawasan Bromo UNS (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO – Ustaz Yusuf Mansur bersama Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Jamal Wiwoho dan Bupati Karanganyar Juliyatmono melakukan penanaman bibit pohon di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo UNS, Sabtu (6/3).

Sejumlah bibit pohon yang ditanam di antaranya, tanaman Eukaliptus sebanyak 200 pohon dari Perhutani, tanaman buah-buahan (sirsat, alpukat, jeruk nipis, jambu biji, kopi, trembesi, sengon, dan tabe buaya) sebanyak 1.000 pohon dari BPDASHL Surakarta, serta tanaman jahe 1.000 bibit dan durian sawo besar sebanyak 50 pohon dari Ustaz Yusuf Mansur.

Selain itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan (Pusdiklathut) dan Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS juga menanam 100 bibit pohon gaharu dan 70 pohon cendana di kawasan KHDTK Gunung Bromo.

Penanaman pohon dilakukan untuk memperingati Dies Natalis ke-45 UNS sekaligus sebagai implementasi program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar UNS kepada masyarakat.

 

"InsyaAllah kami akan memanfaatkan KHDTK ini dengan hal-hal yang mendukung program pemerintah, khususnya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta kementerian-kementerian lain," kata Jamal seperti tertulis dalam siaran pers, Sabtu.

Jamal menyatakan akan melibatkan berbagai program studi dari beberapa fakultas untuk bersama-sama memanfaatkan dan mengembangkan KHDTK Gunung Bromo UNS.

Rektor menyampaikan sejumlah rencana pemanfaatan KHDTK Gunung Bromo UNS, di antaranya, sebagai kawasan pariwisata, pendidikan, termasuk sebagai tempat pernikahan berkonsep alam terbuka di tengah hutan.

"Luasnya sekitar 126 hektare. Pemanfaatan lainnya pasti untuk mengoptimalisasikan aset milik UNS sesuai dengan dinamikanya dengan tidak mengesampingkan core kita yaitu pendidikan," jelas Jamal.

Jamal juga menyampaikan terima kasih kepada Juliyatmono dan Ustaz Yusuf Mansur yang memberikan perhatian khusus bagi kelestarian KHDTK Gunung Bromo UNS.

"Terima kasih kepada Ustaz Yusuf Mansur yang datang jauh-jauh dari Jakarta. Karena kepedulian kepada UNS, Ustaz Yusuf Mansur mau ke Solo. Terima kasih juga kepada Bupati Karanganyar selalu mengingatkan saya untuk mengoptimalkan kawasan ini," ucapnya.

UNS telah menjalin kerja sama dengan Institut Daarul Quran dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Antar Bangsa yang berada di bawah naungan Yayasan Daarul Quran pimpinan Ustaz Yusuf Mansur. Bentuk kerja sama yang akan diwujudkan berupa pemberian kuliah tamu, kolaborasi dalam kegiatan penelitian, pendidikan, pengabdian masyarakat, seminar, dan studi lanjut dari para dosen dari dua perguruan tinggi itu di UNS.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement