Senin 01 Mar 2021 17:17 WIB

Mengapa Islam Anjurkan Hindari Bermalas-malasan? 

Terdapat hikmah kesehatan di balik anjuran hindari bermalas-malasan

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat hikmah kesehatan di balik anjuran hindari bermalas-malasan. Malas Bekerja. Ilustrasi
Foto:

Tidak hanya secara syariat, bahaya sifat kemalasan ini juga dibuktikan dalam sebuah survei kedokteran. Dalam artikelnya di Islamweb, Khaled Saad Al-Najjar mengungkapkan, studi kedokteran tentang kemalasan di Hongkong menunjukkan bahwa kemalasan lebih berbahaya daripada merokok.

Kesimpulan tersebut didapatkan setelah ditemukan bahwa jumlah mereka yang meninggal karena kemalasan lebih besar daripada jumlah mereka yang meninggal karena merokok.

Survei tersebut dilakukan terhadap penduduk Hong Kong yang meninggal dalam usia lebih dari 35 tahun pada 1998. Survei menunjukkan bahwa kemalasan untuk beraktivitas fisik menyebabkan kematian lebih dari 6.400 orang per tahun. Angka ini lebih besar dibandingkan dengan lebih dari 5.700 orang yang meninggal akibat merokok.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh surat kabar South China Morning Post tersebut, pertanyaan diajukan kepada 24.079 orang yang meninggal pada 1998 tentang aktivitas fisik almarhum selama satu dekade sebelum kematian mereka.

Surat kabar tersebut juga mengutip kepala Departemen Kesehatan Masyarakat di Universitas Hong Kong, Profesor Lam Tae Hing yang mengawasi penelitian tersebut: “Kami menghitung bahwa sekitar 20 persen kematian yang terjadi pada orang-orang di Hong Kong setelah usia dari 35 dapat dikaitkan dengan tidak melakukan aktivitas fisik apa pun. Ini mencapai 6.450 orang. "

Dia menambahkan, kematian akibat kemalasan melebihi yang disebabkan merokok yang mencapai 5.720 (pada 1998), dan para peneliti menemukan bahwa risiko kematian pada orang dewasa yang tidak berolahraga akibat kanker meningkat sebesar 45 persen untuk pria dan 28 persen untuk wanita.

Hasil survei ini semakin menegaskan alasan mengapa Islam sangat menganjurkan untuk tidak bermalas-malasan.

 

Sumber: islamweb 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement