Ahad 14 Feb 2021 16:44 WIB

Jumlah Muslim di Negara Afrika Tumbuh Pesat, Ini Rinciannya

Jumlah umat Islam di negara-negara Afrika berkembang pesat

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Jumlah umat Islam di negara-negara Afrika berkembang pesat . Ilustrasi Muslim Afrika
Foto:

Sudan Selatan, studi dari 1980-an dan awal 2000-an memperkirakan Muslim merupakan antara 18 dan 35 persen populasi, tetapi jumlah Muslim mungkin menurun melalui migrasi ke Sudan setelah kemerdekaan Sudan Selatan pada 2011. 

Sudan, sekitar 97 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim, menurut Kementerian Kebudayaan dan Informasi (MCI). Swaziland, hanya ada sekitar 2 persen Muslim dari keseluruhan populasi.

Tanzania, diperkirakan sekitar 35 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim, menurut survei Pew Forum yang dilakukan pada tahun 2010, sedangkan menurut laporan lain jumlah Muslim sekitar 50 persen dari keseluruhan populasi. 

Togo, diperkirakan 14 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim, menurut penelitian yang dilakukan pada 2004 oleh Unit Penelitian Demografi Universitas Lome. 

Tunisia, sekitar 99 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim. Uganda, sekitar 12 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim menurut angka pemerintah.  

Zambia, kurang dari 1 persen penduduk adalah Muslim dari keseluruhan populasi menurut sensus tahun 2000. Ada sekitar 140 ribu Muslim. Komunitas Muslim terutama terkonsentrasi di Lusaka dan di provinsi Timur dan Copperbelt. Banyak dari mereka adalah imigran dari Asia Selatan, Somalia, dan Timur Tengah yang telah memperoleh kewarganegaraan Zambia. 

Imigrasi Somalia telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Komunitas Somalia diperkirakan berjumlah sekitar 20 ribu, dengan mayoritas tinggal di Ndola dan Lusaka. Sebagian kecil penduduk asli juga Muslim. Zimbabwe, jumlah Muslim sekitar 3 persen dari keseluruhan populasi.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement