Ahad 14 Feb 2021 16:44 WIB

Jumlah Muslim di Negara Afrika Tumbuh Pesat, Ini Rinciannya

Jumlah umat Islam di negara-negara Afrika berkembang pesat

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah
Jumlah umat Islam di negara-negara Afrika berkembang pesat . Ilustrasi Muslim Afrika
Foto:

Liberia, jumlah Muslim sekitar 12,2 persen dari keseluruhan populasi menurut Sensus Penduduk dan Perumahan Nasional 2008. Laporan dan survei tidak resmi memperkirakan jumlah Muslim antara 10 persen sampai 20 persen dari populasi.

Libya, jumlah Muslim mencapai 97 persen dari keseluruhan populasi. Madagaskar, jumlah Muslim sekitar 10 persen sampai 15 persen dari keseluruhan populasi. Malawi, jumlah Muslim sekitar 13 persen dari keseluruhan populasi.

Mali, jumlah Muslim mencapai 95 persen dari keseluruhan populasi. Mauritania, hampir seluruh penduduk menjalankan ajaran Islam. Mauritius, jumlah Muslim sekitar 17 persen dari keseluruhan populasi menurut sensus tahun 2000.

Maroko, lebih dari 99 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim. Mozambik, sekitar 18 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim menurut sensus Institut Statistik Nasional 2007.

Namibia, komunitas kecil beragama Islam tapi jumlah atau persentase tidak disebutkan. Niger, lebih dari 98 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim. 

Nigeria, diperkirakan Muslim mencapai 50 persen dari keseluruhan populasi. Republik Kongo, jumlah Muslim hanya sekitar 2 persen dari keseluruhan populasi. 

Rwanda, sekitar 4,6 persen dari keseluruhan populasi menurut sensus 2002. Sao Tome dan Principe, jumlah Muslim kurang dari 2 persen dari keseluruhan populasi.

Senegal, sekitar 94 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim. Seychelles, jumlah Muslim sedikit sehingga tidak disebutkan jumlah atau persentase. Tapi menurut CIA Factbook 2012 jumlahnya 1,1 persen.

Sierra Leone, diperkirakan 77 persen dari keseluruhan populasi adalah Muslim. Somalia, sebagian besar penduduknya adalah Muslim Sunni tapi tidak disebutkan jumlah atau persentase. 

Afrika Selatan, jumlah Muslim diakumulasi dengan Hindu, Yahudi, Budha, dan penganut kepercayaan tradisional Afrika bersama-sama merupakan kurang dari 5 persen dari keseluruhan populasi (tidak disebutkan jumlah atau persentase). Persisnya 1,5 persen dari keseluruhan populasi menurut CIA Factbook 2012.

Sudan Selatan, studi dari 1980-an...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement