Selasa 29 Dec 2020 11:54 WIB

Militer Korsel Sediakan Menu Khusus Tentara Muslim

Menu khusus Muslim dan vegetarian agar mereka nyaman saat wajib militer.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah
Militer Korsel Sediakan Menu Khusus Tentara Muslim. Bibimbap
Foto: Republika/Edi Yusuf
Militer Korsel Sediakan Menu Khusus Tentara Muslim. Bibimbap

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Militer Korea Selatan (Korsel) akan memberikan menu khusus bagi tentara Muslim mulai 2021. Menu baru tersebut akan lebih banyak menyajikan sayur-sayuran tanpa daging dan ham.

Keputusan terbaru Kementerian Pertahanan dan Administrasi Tenaga Militer tersebut diambil untuk memberikan kenyamanan bagi tentara dari keluarga multibudaya saat menjalani tugas wajib militer.

Baca Juga

Mulai Februari, Kementerian berencana menyediakan makanan vegan bagi peserta wajib militer Muslim atau vegetarian. Kementerian dalam keterangan yang dikutip di Donga,  mengatakan para peserta dapat menginformasikan pilihan mereka ke unit tempat mereka akan ditempatkan.

"Militer berencana mencegah tentara mengalami kesulitan makan karena mereka tidak mampu mengatakan mereka vegetarian kepada atasan atau karena takut akan perlakuan yang tidak menyenangkan," tulis Kementerian dalam keterangannya, Senin (28/12).

"Kami akan secara akurat mengetahui jumlah pasti dari vegetarian dan Muslim dan menyiapkan menu yang disesuaikan," kata seorang sumber di militer. Adapun menu utama akan mencakup tahu, rumput laut, sayuran, salad, sereal, bibimbap vegetarian (nasi dengan sayuran berbumbu), dan makanan kaleng untuk vegan.

Saat ini, militer menyediakan menu yang tidak mengandung daging untuk prajurit dan wanita militer yang aktif bertugas jika mereka mengindikasikan sebagai vegetarian dan Muslim. Sementara, militer AS dikabarkan tidak mempermasalahkan hal ini karena tersedianya salad bar di kafetaria di barak.

https://www.donga.com/en/List/article/all/20201228/2331214/1/Military-to-offer-customized-menus-for-vegetarians-Muslims

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement