Ahad 13 Dec 2020 10:19 WIB

Masjid 100 Abad akan Direnovasi

Renovasi akan dilakukan di masjid berusia 100 abad.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Masjid 100 Abad akan Direnovasi
Foto: DAWN
Masjid 100 Abad akan Direnovasi

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Pemerintah kota Islamabad, Pakistan memutuskan untuk memulihkan kembali masjid berusia lebih dari 100 tahun di tepi Lotus Lake, Shakarparian, Pakistan. Bangunan yang telah terbengkalai selama puluhan tahun tersebut diyakini pernah digunakan sebagai tempat ibadah bagi penduduk desa Pairan pada 1960-an.

“Selama pembangunan Lotus Lake, ketika kami melakukan operasi kebersihan dan menghilangkan semak-semak dan lainnya, kami menemukan masjid yang terlantar,” kata Direktur Lingkungan Irfan Niazi yang dikutip di DAWN, Ahad (13/12).

Baca Juga

Dia menambahkan bahwa bahan konstruksi masjid akan disesuaikan dengan desain awal masjid berusia lebih dari seabad itu, sekaligus menjaga agar pohon beringin berusia 500 tahun yang tumbuh di halaman masjid akan terus hidup.

Ketua CDA Amer Ali Ahmed mengatakan bahwa pihak berwenang akan membantu pemulihan masjid bersejarah ini. "Saya telah mengarahkan tim saya untuk mengambil langkah-langkah pemulihan masjid ini, yang juga merupakan warisan kami," kata dia.

Pembangunan danau tersebut, kata dia, sedang dalam tahap akhir dan akan segera menjadi fasilitas baru bagi wisatawan. Perlu dicatat di sini bahwa di masa lalu, terdapat danau teratai alami di daerah tersebut yang berkurang selama pembangunan kompleks budaya antara tahun 2004-5.

“Tujuan dari danau dan taman ini selain memiliki fasilitas tempat duduk dan lubang braque adalah untuk menyediakan lingkungan yang damai dan dekat dengan alam,” kata ketua.

Lotus Lake yang baru memiliki panjang 100 kaki dan lebar 68 kaki dan setelah diuji coba, saat ini sedang diperbaiki untuk menghentikan kebocoran air.

Sumber:

https://www.dawn.com/news/1595231/historical-mosque-near-lotus-lake-to-be-restored

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement