Rabu 04 Nov 2020 05:30 WIB

Perlakuan-Perlakuan Ramah Vladimir Putin Terhadap Umat Islam

Vladimir Putin bersikap terbuka terhadap umat Islam di negaranya

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/Uji Sukma Medianti/ Red: Nashih Nashrullah
 Presiden Vladimir Putin bersikap terbuka terhadap umat Islam di negaranya
Foto: AP/Alexei Druzhinin/Pool Sputnik Kremlin
Presiden Vladimir Putin bersikap terbuka terhadap umat Islam di negaranya

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Islam di Rusia saat ini telah tersebar di seluruh distrik federal Rusia. Di distrik federal pusat sendiri, terdapat Masjid Katedral Moskow.

Presiden Rusia Vladimir Putin dianggap sebagai sosok pemimpin yang ramah dengan keberadaan Muslim di negaranya, beberapa sikap Putin yang terbuka kepada Muslim. 

Beberapa waktu terakhir, sentimen yang menyejukkan dari pemimpin negara barat kepada Islam juga terdengar dari mulut Presiden Rusia, Vladimir Putin. Bahkan, Putin mengutip Surat Ali Imran ayat 103 ketika menyerukan perdamaian di Yaman, satu tahun lalu. 

"Dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika mau dahulu (masa jahiliyah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya, kamu menjadi saudara," kata Putin di Ankara.

 

Kutipan ayat itu dituturkan Putin ketika menyampaikan pernyataan bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani setelah menggelar pertemuan tinggi. 

Tiga pemimpin tersebut juga memperingatkan bahwa operasi militer koalisi Arab Saudi di Yaman sejak perang sipil pada 2015 lalu. Putin juga membahas situasi di Suriah. Selain sikap tersebut, Republika.co.id merangkum beberapa sikap ramah Putin kepada umat Islam:

Meresmikan masjid  

Vladimir Putin hadir pada peresmian Masjid Katedral Moskow. Masjid Katedral Moskow menjadi tempat ibadah utama bagi umat Islam. 

Masjid terbesar di ibu kota Rusia itu menjadi pusat gerakan organisasi-organisasi muslim Rusia, seperti Dewan Mufti Rusia dan Dewan Agama Muslim Federasi Rusia, yang keduanya diketuai Mufti Besar Rusia, Syekh Ravil Gaynutdin, selama 30 tahun terakhir.

Setelah direkonstruksi besar-besaran, Masjid Katedral Moskow diresmikan pada 23 September 2015 lalu. Tak hanya Putin, peresmian itu dihadiri Mufti Besar Rusia, Syekh Ravil Gaynutdin, Wali Kota Moskow Sergey Sobyanin, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.  

Masjid Katedral Moskow menjadi pusat atraksi bagi ribuan umat Islam. Selama lebih dari satu abad, masjid megah ini telah menjadi pusat daya tarik bagi ribuan Muslim dari seluruh dunia. Lebih dari 100 ribu umat Islam selalu hadir di masjid ini ketika melaksanakan shalat Idul Adha dan Idul Fitri.  

Masjid yang dibangun sejak 1904 ini telah direkonstruksi sebanyak 20 kali. Seka rang total luasnya mencapai 18,9 ribu me ter persegi. Bagian atas kubah dihiasi dengan ayat-ayat Alquran. Masjid yang dibangun enam lantai ini dapat menampung lebih dari 10 ribu Muslim.

photo
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) bersama Raja Salman dari Arab Saudi saat kunjungan Putin ke Riyadh, Senin (14/10). - (Alexei Nikolsky, Sputnik, Kremlin Pool Photo )

Ucapan selamat hari raya 

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan rasa bahagia dan ucapan selamatnya pada umat Muslim di Rusia terkait Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Menurut dia, sebagai hari keagamaan besar yang menandai bulan suci umat Muslim, Idul Fitri memiliki makna khusus.

“Peraayaan akhir bulan suci Ramadhan memiliki makna spiritual khusus,” ujar dia seperti dilansir Tass.

Selain itu, Putin juga memuji Islam sebagai bagian terpenting dalam masyarakat Rusia yang beragam. 

"Nenek moyang kami tidak pernah mendiskriminasi satu sama lain atas dasar etnis dan keyakinan," kata dia ketika bertemu ulama Muslim di Ufa, Bashkortostan, Seperti dilansir The Voice of Rusia.

Menurut Putin, Muslim merupakan umat yang saling menghormati dan mendukung dalam suka dan duka. Mereka juga meninggalkan warisan yang besar, yakni persahabatan yang menghindarkan saling menghancurkan dan menyalahkan.

Sebelumnya, ketika berbicara dengan Dewan Mufti Rusia. Putin menekankan Islam merupakan mutiara dari budaya Rusia. Ia juga memuji peranan komunitas Muslim dalam menjaga harmonisasi hubungan antar umat beragama di Rusia.

Tuan Rumah forum Russia-Islamic World Strategic Vision

Rusia pernah menggelar pertemuan forum Russia-Islamic World Strategic Vision. Pertemuan ini berupaya untuk membantu meningkatkan hubungan berbasis kepercayaan antara Moskow dan anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah pesan yang dibacakan  Presiden Tatarstan Rustam Minnikhanov berharap negara-negara yang terlibat dapat saling memberikan masukan.

"Saya berharap dalam pertemuan ini terjadi diskusi substantif, gagasan, serta inisiatif yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan saling pengertian antara negara dan masyarakat kita," ujar Minnikhanov dilansir di Tass.n Ratna Ajeng Tejomukti

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement