Kamis 15 Oct 2020 08:09 WIB

Pesepak Bola Wanita Saudi Tetap Antusias Menyambut Liga

Pemain sepak bola terus meningkatkan kemampuan selama masa pandemi

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Pemain sepakbola wanita klub Jeddah King United tengah berlatih di Jeddah, Arab Saudi.  (Foto file)
Foto: Reema Abdullah/AP
Pemain sepakbola wanita klub Jeddah King United tengah berlatih di Jeddah, Arab Saudi. (Foto file)

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Sepak bola wanita di Arab Saudi mulai digelar pada Februari 2020 lalu setelah penantian panjang. Namun, liga tersebut ditunda karena timbulnya pandemi coronavirus (Covid-19).

Kendati demikian, para pemain tetap melakukan latihan dan menunggu hingga liga dimulai kembali. Pelatih Bireen Sadagah mengatakan pemainnya terus meningkatkan kemampuan selama masa lockdown ini.

"Jeddah Eagles (salah satu tim yang dipilih untuk bermain di WFL) telah berlatih sangat keras dalam persiapan untuk liga dan di luar lapangan, dalam hal meningkatkan kebugaran dan memperkuat sepakbola kami secara mental. Kuncinya tidak menghentikan kita dari ingin meningkatkan diri kita sendiri. Kami melanjutkan pelatihan di rumah kami sebaik mungkin dengan ruang dan peralatan yang tersedia," jelasnya.

 

Hasil latihan tersebut secara reguler dikirim kepada kami pelatih tiga kali seminggu, serta beberapa instruksi pelatihan mandiri untuk pemulihan dan penguatan.

Salah seorang pemain, Hala Mansouri, mahasiswi periklanan senior Saudi berusia 22 tahun, telah bermain sepak bola sejak berusia 6 tahun, ketika tinggal di Virginia Barat di AS, di mana dia bergabung dengan Aliansi Dunia YMCA dan jatuh cinta dengan sepak bola. Setelah kembali ke Arab Saudi bertahun-tahun kemudian, dia bermain dan mengaku masih memiliki bakat itu

"Saya dulu bermain sepak bola dan bola basket ketika saya tinggal di AS, tergantung pada musim, tetapi saya hanya suka bermain sepak bola lebih banyak ketika saya pindah kembali ke Jeddah," katanya.

Dirinya mengaku sangat menunggu liga bergulir kembali setelah penantian lama adanya sepak bola wanita di negaranya.

 

"Perasaan yang baik, meskipun kita sedikit lebih lambat dari negara lain, tetapi setidaknya kita sampai di mana kita sekarang untuk wanita dan aku tidak bisa lebih bangga," jelasnya.

 

Sejauh ini, hanya warga Saudi yang akan diizinkan bermain, tetapi itu tidak mengurangi antusiasme dari pesepakbola wanita lain di Arab Saudi.

Pemain lain Shahad Saif yang bermain untuk Miraas FC Jeddah sebagai bek kiri, mengatakan dia telah bermain sepak bola dengan keluarganya di Jeddah sejak dia berusia 10 tahun.

 

"Aku telah bermain sepakbola sejak aku masih kecil Saya tidak mendapatkan kesempatan untuk bermain dengan kelompok semua wanita. Jadi ketika saya tumbuh dewasa, saya dulu menyewa bidang dan bermain sepak bola dengan gadis-gadis acak yang suka olahraga dan bermain tanpa pelatih dan tidak ada persyaratan khusus untuk memainkan atau menyiapkan apa-apa," kisahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement