Rabu 23 Sep 2020 20:49 WIB

Rumah Zakat Action Salurkan 75.000 Liter Air Bersih

Setiap musim kemarau, warga dusun Piyuyon selalu kesulitan memperoleh air bersih

Musim hujan yang belum kunjung datang mengakibatkan wilayah di Gunungkidul mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Dusun Piyuyon adalah satu-satunya wilayah pedusunan di Desa Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul yang terdampak.  Terdapat 128 KK di Dusun Piyuyon terdampak yang saat ini sangat membutuhkan pasokan air bersih terutama di wilayah balik gunung yaitu lingkungan RT 02
Foto: istimewa
Musim hujan yang belum kunjung datang mengakibatkan wilayah di Gunungkidul mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Dusun Piyuyon adalah satu-satunya wilayah pedusunan di Desa Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul yang terdampak. Terdapat 128 KK di Dusun Piyuyon terdampak yang saat ini sangat membutuhkan pasokan air bersih terutama di wilayah balik gunung yaitu lingkungan RT 02

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL-- Musim hujan yang belum kunjung datang mengakibatkan wilayah di Gunungkidul mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Dusun Piyuyon adalah satu-satunya wilayah pedusunan di Desa Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul yang terdampak.

Terdapat 128 KK di Dusun Piyuyon terdampak yang saat ini sangat membutuhkan pasokan air bersih terutama di wilayah balik gunung yaitu lingkungan RT 02. Karenanya, Rumah Zakat melalui Ratno Sungkowo sebagai Fasilitator di Desa Pacarejo hari Sabtu sore (19/9) menyalurkan 15 tangki atau 75 ribu liter air bersih dalam program Rumah Zakat Action Berbagi Air Kehidupan.

Menurut Feri Febriyanto selaku Kepala Dukuh Piyuyon setiap musim kemarau warganya selalu kesulitan air terutama di lingkungan RT 02 dengan jumlah KK nya 34 KK dikarenakan posisinya di atas dan dibalik gunung "Sebenernya sudah ada pipanisasi SR atau sambungan rumah dari PDAM, tapi airnya kalau kemarau tidak mengalir. Kalau mengalir dua minggu sekali itupun airnya kecil. Ini terima kasih sekali untuk Rumah Zakat. Seperti tahun kemarin, kembali hari ini memberikan bansos air bersih, warga saya sangat tertolong, sekali lagi terima kasih Rumah Zakat Action,” kata Feri.

Sunoto (45) salah satu warga di RT 02 berterimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Rumah Zakat. "Terima kasih sekali ya Rumah Zakat, ini sangat membantu saya. Setiap kemarau saya bisa beli air satu tengki untuk mencukupi kebutuhan air bersih selama dua minggu. Bantuan ini bisa mengurangi beban saya," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement