Rabu 19 Aug 2020 04:28 WIB

Rumah Zakat Salurkan Masker di 10 Pesantren

Selain penyuluhan memakai masker Rumah Zakat juga beri beribantuan beras.

Rumah Zakat bantu salurkan masker ke 10 Pesantren.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat bantu salurkan masker ke 10 Pesantren.

REPUBLIKA.CO.ID -- Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat di tengah Pandemi Covid 19 yang masih mewabah, Rumah Zakat dan Gerakan Peduli Masker (GPM) menyelenggarakan Penyuluhan untuk Penyuluh (PUP) Klaster Pondok Pesantren Angkatan III pada Jumat (14/8) lalu. Kegiatan bertempat di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, yang diasuh oleh KH Musthofa Bisri (Gus Mus).

Acara didahului dengan penyuluhan memakai masker oleh Grace Hananta dari GPM dan penyuluhan untuk penyuluh oleh dr Sugeng Ibrahim. Kedua tema ini cukup antusias diikuti oleh peserta baik yang hadir secara langsung maupun secara daring.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan secara daring oleh Ketua Umum GPM Sigit Pramono, Tokoh Perempuan yang juga pendiri GPM Yenny Wahid, CEO Rumah Zakat Nur Effendi, dan Ketua Dewan Penasehat Gerakan Pemuda Anshor Kabupaten Rembang M. Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies). KH Musthofa Bisri (Gus Muh) yang juga Pendiri GPM didaulat memberikan tausyiah kepada 30 santri yang hadir langsung di Aula Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin dan peserta yang mengikuti secara daring.

Dalam kegiatan tersebut, dilangsungkan serah terima secara simbolik bantuan beras dari Rumah Zakat sebanyak 3,1 ton hasil donasi via Kitabisa.com yang diwakili Aris Ristian selaku Kepala Perwakilan Jawa Tengah kepada 10 Pondok Pesantren (8 di Rembang, sisanya di Solo dan Banyumas) yang diwakili oleh Gus Hanies, dan juga penyerahan masker dari GPM yang diwakili dr Sugeng Ibrahim. 

Untuk bantuan di Solo diserahterimakan langsung oleh Kepala Cabang Solo Mei Sri Widuri, sementara di Banyumas diserahterimakan oleh Relawan Inspirasi Rumah Zakat.

Selain penyuluhan memakai masker dan pemberian bantuan beras,juga dilakukan penandatanganan MOU antara Rumah Zakat dan GPM. Kerja sama dilakukan dalam kampanye publik, edukasi masyarakat, dan penyuluhan memakai masker.

Rumah Zakat juga akan berpartisipasi aktif dalam Distribusi bantuan sosial, masker, dan sembako kepada lapisan masyarakat yang membutuhkan. Serta pemanfaatan tenaga relawan Rumah Zakat dalam program penyuluhan, pemberdayaan masyarakat , dan pembinaan UMKM agar daya tahan masyarakat menghadapi krisis meningkat. Diakhir acara, dilantunkan doa penutup oleh KH Syarofuddin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement