Selasa 28 Jul 2020 14:26 WIB

Serukan Khilafah, Majalah Turki Diadukan Asosiasi Bar

Asosiasi bar adukan majalah Turki karena serukah khilafah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Serukan Khilafah, Majalah Turki Diadukan Asosiasi Bar. Foto ilustrasi: Gedung di Turki.
Foto: ist
Serukan Khilafah, Majalah Turki Diadukan Asosiasi Bar. Foto ilustrasi: Gedung di Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Asosiasi Bar Ankara mengajukan pengaduan pidana terhadap Gerçek Hayat. Majalah yang dimiliki oleh Albayrak Media Group ini mengeluarkan seruan untuk membangkitkan kembali kekhalifahan Islam.

Pengacara asosiasi menuntut agar kolumnis pro pemerintah Yeni Akit, Abdurrahman Dilipak, yang membagikan sampul majalah di media sosial, dan pemimpin redaksi Gerçek Hayat, Kemal Özer, menghadapi tuduhan yang diberikan.

Baca Juga

Adapun tuduhan yang diberikan adalah, menghasut orang-orang untuk melakukan pemberontakan bersenjata melawan Republik Turki, menghasut masyarakat membentuk kebencian dan permusuhan dan menghasut orang untuk tidak mematuhi hukum.

"Menimbang bahwa seruan pembentukan kekhalifahan tidak dapat diwujudkan dalam hukum, dengan cara tidak bersenjata dan damai, jelas tindakan para tersangka menghasut orang-orang untuk melakukan pemberontakan bersenjata," ujar Asosiasi Pengacara Ankara saat membacakan pengaduan pidana dan diserahkan ke Kantor Kepala Kejaksaan Umum Istanbul, dilansir di Duvar English, Selasa (28/7).

Seruan Gerçek Hayat untuk kekhalifahan muncul dalam majalah terbitan tanggal 27 Juli. Seruan ini telah memicu kemarahan di media sosial. Majalah itu juga memuji keputusan Presiden mengubah ikon Istanbul Hagia Sophia menjadi masjid.

Di halaman sampulnya bertuliskan, "Hagia Sophia dan Turki bebas sekarang". Tak hanya itu, terdapat beberapa kalimat lain yang berbunyi, "Jika tidak sekarang, kapan?  Jika bukan Anda, siapa? Berkumpul bersama untuk kekhalifahan".

Albayrak Media Group dimiliki oleh Serhat Albayrak, saudara Menteri Keuangan dan Menteri Keuangan Berat Albayrak. Grup Media ini dinilai pro terhadap pemerintahan. 

Sumber:

https://www.duvarenglish.com/politics/2020/07/28/ankara-bar-association-files-criminal-complaint-against-islamist-magazine-after-its-call-to-resurrect-caliphate/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement