Ahad 12 Jul 2020 19:11 WIB

Dewan Gereja Dunia Minta Erdogan Kembalikan Hagia Sophia

Dewan Gereja Dunia mengatakan mewakili lebih dari 500 juta suara orang Kristen.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Dewan Gereja Dunia Minta Erdogan Kembalikan Hagia Sophia. Seorang lelaki berdoa di depan Museum Hagia Sophia di Istanbul, Turki, 10 Juli 2020. Pengadilan administrasi tertinggi Turki pada 10 Juli 2020 memutuskan bahwa museum yang dulunya sebuah masjid yang dibangun di katedral dapat diubah menjadi masjid lagi dengan menganilasinya. status sebagai museum.
Foto:

Dewan Gereja Sedunia yang berbasis di Jenewa mengatakan, surat yang dilayangkan kepada Erdogan itu mewakili lebih dari 500 juta suara orang Kristen. Surat itu dari Sekretaris Jenderal sementara Sauca, yang mengatakan Dewan merasa sedih dan kecewa atas keputusan Erdogan. 

 "Dengan memutuskan mengubah Hagia Sophia kembali menjadi masjid, kau telah membalikkan tanda positif keterbukaan Turki dan mengubahnya menjadi tanda pengucilan dan perpecahan," kata dia.  

photo
Infografis Hagia Sophia yang Megah. - (Republika.co.id)

Dia menulis keputusan itu pasti akan menciptakan ketidakpastian, kecurigaan, dan ketidakpercayaan. Ia bakal merongrong semua upaya untuk menyatukan orang-orang dari agama yang berbeda di meja dialog dan kerja sama. 

"Demi mempromosikan saling pengertian, rasa hormat, dialog dan kerja sama, dan menghindari menumbuhkan permusuhan dan perpecahan lama, kami mendesak Anda (Erdogan) untuk mempertimbangkan kembali dan membalikkan keputusan Anda," kata dia sebagaimana dalam surat itu. 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement