Rabu 01 Jul 2020 07:13 WIB

Kanada Kini Punya Pejabat Muslim Pertama, Salma Khan

Salma Lakhani, merupakan pejabat Muslim pertama di Kanada.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Salma Khan Muslim pertama yang duduki posisi penting di Kanada.
Foto: Dok Istimewa
Salma Khan Muslim pertama yang duduki posisi penting di Kanada.

REPUBLIKA.CO.ID, EDMONTON—Salma Lakhani, menjadi Muslim pertama yang menjabat sebagai Letnan Gubernur Alberta. Perempuan yang aktif sebagai advokat ini juga menjadi Muslim pertama yang memiliki jabatan dalam struktural pemerintahan Alberta dan Kanada.  

Setelah diumumkan residen Justrin Trudeau, pada Selasa (30/6), Salma resmi menjabat sebagai letnan gubernur Alberta ke-19. Menurut situs resmi Pemerintah Kanada, Salma merupakan seorang imigran asal Uganda yang telah menetap di EDMONTON sejak 1972.  

Baca Juga

Setelah pindah ke Edmonton, Salma aktif mengajar bahasa Inggris bagi siswa yang tidak berbicara bahasa Inggris sebagai bahasa pertama (ESL). Salma adalah salah satu mentor pertama dari program yang memberikan bimbingan kepada siswa ESL di NorQuest College di Edmonton.    

Dia saat ini menjabat sebagai di komite penasihat untuk gerakan 100 Women: A Million Possibilities Movement, yang telah membantu jutaan siswa dengan hambatan keuangan. Dia juga aktif berkontribusi dalam kegiatan untuk memajukan hak-hak perempuan, perawatan kesehatan, pendidikan dan memperjuangkan imigran baru.  

"Sebagai Letnan Gubernur Alberta, saya tahu dia akan melayani orang-orang di provinsi dan negara kita dengan baik, dan terus menjadi sumber inspirasi bagi semua warga Kanada," kata Trudeau yanh dikutip di CTV News, Rabu (1/7).   

Salma akan menggantikan Letnan Gubernur Lois Mitchell yang telah bertugas sejak Juni 2015. Letnan Gubernur ditunjuk langsung oleh gubernur jenderal Kanada dan melayani sebagai perwakilan Ratu Elizabeth II di provinsi mereka, dalam memberikan persetujuan kerajaan kepada undang-undang provinsi.  

 

Sumber: https://edmonton.ctvnews.ca/canada-s-first-muslim-lieutenant-governor-appointed-in-alberta-1.5005989 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement