Kamis 04 Jun 2020 12:51 WIB

ACT Kaltim Gandeng Komunitas Bagikan Makan Gratis

Puncak Operasi Makan Gratis dilakukan dengan membagikan lebih dari 2.000 porsi makan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
Aksi Cepat Tanggap menggandeng komunitas-komunitas untuk melakukan operasi pangan gratis.
Foto: dok. ACT
Aksi Cepat Tanggap menggandeng komunitas-komunitas untuk melakukan operasi pangan gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna mendukung kebutuhan makan masyarakat selama Ramadhan dan pandemi Covid-19, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Timur terus membagikan makanan gratis. Aksi ini sudah berlangsung sejak April lalu dan semakin digencarkan saat Ramadhan.

Untuk mendukung kegiatan ini, ACT Kaltim menggandeng berbagai komunitas lokal untuk berkolaborasi setiap Jumat. Melalui program Iftar Akbar pada beberapa waktu lalu, puncak Operasi Makan Gratis dilakukan dengan membagikan lebih dari 2.000 porsi.

Baca Juga

“Alhamdulillah target kami yang tadinya hanya 2.020 porsi, untuk hari Jumat terakhir di Ramadan, bisa tembus hingga 2.500 porsi. Jika dikalkulasi sejak awal, total hampir 5.000 penerima manfaat yang merasakan program ini," ujar Koordinator Program MRI Kaltim, Alfa Siera, dikutip dari laman resmi ACT, Kamis (4/6).

Mewakili ACT, Alfa mengatakan merasa sangat bersyukur karena masyarakat Balikpapan sangat dermawan. Paket makanan yang diberikan berisi kudapan, nasi lengkap, dengan lauk sahur dan protein, air minum dan buah.

Kolaborasi antarkomunitas ini melibatkan beragam komunitas. Di antaranya; Sijum Balikpapan, Balikpapan Youth Spirit, Gerakan Kebaikan Balikpapan, Donasi Ceria, Let’s Go Sedekah, Ikhtiar Bumi, Kurir Kebaikan, Gerakan Mukena Bersih, Gerakan Roti Syaban, dan Sedekah Seribu Sehari.

Operasi Makan Gratis ini juga ditujukan untuk berbagai segmen sosial. Mulai dari panti asuhan, pesantren, rumah tahfiz, petugas medis, guru mengaji, petugas SPBU, masyarakat prasejahtera, dan pekerja informal.

Program ini menjangkau masing-masing kecamatan di Balikpapan. Antara lain Balikpapan Selatan, Balikpapan Utara, Balikpapan Barat, Balikpapan Kota, hingga Balikpapan Timur.

“Terima kasih banyak ACT, makanan gratis ini sangat meringankan kami apalagi sepulang kerja gini, jadi bisa menghemat semoga program-program seperti ini dapat terus ada dan bisa jadi inspirasi masyarakat banyak di luar sana,” ucap petugas kebersihan di Kota Balikpapan, Asih.

Selain Operasi Makan Gratis, ACT Kaltim juga telah mendistribusikan lebih dari seribu paket pangan kepada masyarakat. Kini, serentak di seluruh cabang ACT program Sahabat Usaha Mikro Indonesia tengah digencarkan. Program ini ditujukan untuk para ibu rumah tangga yang menjadi tulang punggung keluarga dengan memiliki usaha menengah ke bawah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement